Piala AFF U19: Malaysia U19 Juara, Mimpi Laos U19 Cetak Hasil Sempurna Jadi Sirna

- Sabtu, 16 Juli 2022 | 09:37 WIB
Mimpi Laos U19 mencetak hasil sempurna pada Piala AFF U19 dibuyarkan Malaysia U19 dalam pertandingan final. (Asean football )
Mimpi Laos U19 mencetak hasil sempurna pada Piala AFF U19 dibuyarkan Malaysia U19 dalam pertandingan final. (Asean football )

HALLO JAKARTA - IMPIAN Laos U19 untuk mencetak hasil sempurna pada Piala AFF U19 akhirnya sirna.

Pada fase group Piala AFF U19, Laos U19 berhasil mencetak hasil sempurna. Empat kali bertanding berhasil meraih empat kemenangan, termasuk saat melawan Malaysia U19.

Karena itu menjelang final Piala AFF U19 menghadapi Malaysia U19, pelatih kepala Laos U19, Michael Weiss tampaknya optimis tim asuhannya bisa meraih gelar juara.

Impian meraih gelar Piala AFF U19 yang pertama bagi Laos seakan jadi sirna diguyur hujan lebat yang turun sesaat sebelum kick-off. Meski kendala cuaca tersebut tidak menyurutkan semangat kedua tim dalam bertanding.

Pertandingan final Piala AFF U19 yang digelar di Stadion Patriot Candrabhaga, Jumat (15/7) mulai pukul 20.00 WIB tetap berlangsung seru.

Hanya tiga menit setelah laga final dimulai, Laos U19 sudah menghadirkan ancaman ke gawang Malaysia U19 yang dijaga Syahmi Adib Mohd Shukri. Sebuah tendangan bebas dari Phoutthavong Sangvilay yang disambut dengan sundulan Vongsakda Chanthaleuxay berhasil diantisipasi dengan baik oleh kiper Malaysia U19, Syahmi Adib Mohd Shukri.

Meski salah satu pemainnya cidera pada menit ke-11, yakni Muhammad Najmudin Akmal, tidak membuat Malaysia U19 terganggu. Bahkan selang tiga menit kemudian Malaysia U19 berhasil unggul lebih dulu.

Berawal tendangan bebas dari sisi kanan yang dilakukan Muhammad Aliff Izwan Yuslan. Muhammad Faiz Amer Runnizar berlari ke arah gawang Laos U19 tanpa pengawalan dan dengan sekali sentuhan berhasil memasukkan bola ke gawang tanpa bisa diselamatkan kiper Laos U19, Phounin Xayyasone.

Tertinggal 0-1, Laos U19 berusaha keras menyamakan kedudukan, tapi upaya Damoth Thongkhamsavath pada menit ke-23 bisa diatasi lini belakang Malaysia. Sementara tendangan bebas dari Anantaza Siphongphan tepat sebelum turun minum, terlalu melebar.

Beberapa pergantian pemain yang dilakukan di babak kedua, tidak banyak membantu mengubah permainan Laos U19, sementara Malaysia U19 lebih memilih untuk bermain bertahan.

Halaman:

Editor: Achmad Marzoeki

Sumber: asean football

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X