Piala AFC 2022: Dengan Sembilan Pemain, PSM Makassar Maju ke Final Zona ASEAN

- Rabu, 10 Agustus 2022 | 07:30 WIB
PSM Makassar (merah maroon) berhasil menang 2-1 atas Kedah Darul Aman (Malaysia) dalam semi final zona ASEAN Piala AFC 2022. (AFC)
PSM Makassar (merah maroon) berhasil menang 2-1 atas Kedah Darul Aman (Malaysia) dalam semi final zona ASEAN Piala AFC 2022. (AFC)

HALLO JAKARTA - PSM Makassar Indonesia maju ke final zona ASEAN Piala AFC 2022 setelah pada babak semi final mengalahkan Kedah Darul Aman (Malaysia) 2-1.

Laga semi final zona ASEAN Piala AFC 2022 yang berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali pada Selasa (9/8) malam, diwarnai dengan hujan kartu kuning dan kartu merah.

Pada pertandingan semi final zona ASEAN Piala AFC 2022 tersebut, lima pemain PSM Makassar mendapat kartu kuning dengan dua diantaranya terkena dua kali, sehingga harus diganjar kartu merah. Akibatnya tim asuhan Bernardo Tavares mengakhiri laga hanya dengan sembilan pemain, setelah 28 menit terakhir bermain dengan sepuluh pemain.

Pemain PSM Makassar yang mendapat kartu kuning adalah: Agung Mannan (5' dan 90'+8), Yuran Fernandes Rocha Lopes (33' dan 62'), Muhammad Arfan (56'), Willem Jan Pluim (87') dan M Reza Arya Pratama (88').

Wasit Akhrol Risqullaev dari Uzbekistan juga memberikan kartu kuning untuk dua pemain Kedah Darul Alam, yakni Aiman Afif (15') dan Sanrawat Dechmitr (56').

Begitu peluit kick off dibunyikan wasit Akhrol Risqullaev, PSM Makassar langsung maju menyerang untuk mendominasi pertandingan. Di awal babak pertama, tercatat dua kali upaya PSM Makassar untuk mencetak gol gagal karena membentur tiang gawang.

Tendangan Everton Nascimento de Mendonca membentur tiang gawang pada menit ke-28. Demikian juga dengan tendangan yang dilakukan Yuran Fernandes Rocha Lopes.

Upaya para pemain PSM akhirnya memberikan hasil. Bermula dari umpan Everton Nascimento de Mendonca kepada Willem Jan Pluim. Lalu dari Pluim melebar kepada Muhammad Rizky Eka Pratama di sebelah kiri yang terus memberi umpan presisi ke tiang jauh dan disambut Yakob Sayuri yang tidak terkawal. PSM Makassar unggul 1-0 sampai turun minum.

Sembilan menit memasuki babak kedua, keunggulan PSM Makassar bertambah. Tendangan penjuru yang dilakukan Muhammad Arfan disambut sundulan kepala Yuran Fernandes Rocha Lopes yang berhasil memperdaya kiper Kedah Darul Aman, Ifwat Akmal.

Sayangnya pada menit ke-62, Yuran Fernandes Rocha Lopes harus meninggalkan lapangan. Sebuah tekel kerasnya terhadap Ronald Ngah membuatnya mendapatkan kartu kuning keduanya dalam pertandingan tersebut.

Unggul jumlah pemain membangkitkan semangat pemain Kedah Darul Aman untuk menyerang. Pemain pengganti Zulkifli Fayadh yang masuk pada menit ke-65, tembakannya melebar. Sementara Mohammad Al-Hafiz bin Harun yang mencoba melepaskan tembakan dari jarak jauh, bolanya membentur mistar gawang.

Satu gol untuk Kedah Darul Aman akhirnya tercipta pada menit ke-86 melalui Zulkifli Fayadh, setelah tembakannya ke sudut bawah gawang, tak bisa diselamatkan penjaga gawang PSM Makassar, M Reza Arya Pratama.

Halaman:

Editor: Achmad Marzoeki

Sumber: flashscore, AFC

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X