Piala AFF 2022: Thailand Raih Gelar Ketujuh, Menang Tipis 1-0 Atas Vietnam Pada Laga Kedua Final

- Selasa, 17 Januari 2023 | 20:31 WIB
Thailand (biru) menang tipis 1-0 atas Vietnam pada laga kedua final Piala AFF 2022. (aseanfootball)
Thailand (biru) menang tipis 1-0 atas Vietnam pada laga kedua final Piala AFF 2022. (aseanfootball)

HALLO JAKARTA - LAGA kedua final Piala AFF 2022 menjadi ajang pembuktian keperkasaan Thailand sebagai penguasa sepak bola kawasan Asia Tenggara.

Hal ini ditandai keberhasilan Thailand meraih gelar Juara Piala AFF 2022 yang menjadikannya gelar ketujuh yang berhasil diraih. Sebelumnya enam gelar diraih Thailand pada 1996, 2000, 2002, 2014, 2016 dan 2021 lalu.

Laga final Piala AFF 2022 antara Thailand dengan Vietnam dilaksanakan dengan sistem kandang-tandang. Pada laga pertama di My Dinh National Stadium, Hanoi, Vietnam, Jumat (13/1) kedua tim bermain imbang 2-2.

Sedangkan laga kedua final Piala AFF 2022 berlangsung di Thammasat Stadium, Bangkok, Thailand, Senin (16/1). Pertandingan yang dipimpin wasit Jumpei lida (Jepang), disaksikan langsung 19.306 orang penonton.

Baik pelatih Thailand, Alexander Polking (Brazil) maupun pelatih Vietnam, Park Hang Seo (Korea Selatan) sama-sama menggunakan pola 5-3-2 pada laga tersebut. Namun Thailand beruntung lebih dulu mencetak gol pada menit ke-24.

Bermula dari kesulitan para pemain Thailand menembus pertahanan Vietnam. Sehingga para pemain Thailand hanya mampu memainkan bola di dekat kotak penalti Vietnam. Adisak Kraisorn kemudian memberikan bola kepada kapten Thailand, Theerathon Bunmathan. Sebuah tembakan keras dari luar kotak penalti kemudian dilepaskan Theerathon Bunmathan ke sudut kanan bawah gawang Vietnam. Dang Van Lam tak mampu menyelamatkan gawangnya dari kebobolan. Kedudukan berubah 1-0 untuk Thailand.

Vietnam berusaha bangkit untuk mencetak gol balasan. Tetapi dengan Nguyen Quang Hai yang dijaga ketat pemain Thailand dan striker Nguyen Tien Linh yang tak mampu berbuat banyak, membuat upaya Vietnam tak membawa hasil.

Thailand sendiri harus mengakhiri pertandingan dengan sepuluh orang ketika Peeradol Chamrasamee mendapat kartu kuning untuk kedua kalinya pada waktu tambahan, tepatnya menit ke-90+5.

Dengan hasil imbang 2-2 dari laga pertama di Hanoi, satu gol dari sang kapten sudah cukup untuk memastikan kemenangan Thailand dengan agregat 3-2.

Halaman:

Editor: Achmad Marzoeki

Sumber: asean football

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X