Dyah Roro Esti: Kita Bisa Bangkit dari Pandemi, Jangan Sampai Sektor Pendidikan Malah Menurun

- Sabtu, 16 April 2022 | 05:30 WIB
Dyah Roro Esti Widya Putri (Partai Golkar) menjadi moderator dalam pertemuan virtual yang digelar Bank Dunia, Kamis (14/4). (Instagram @dpr_ri)
Dyah Roro Esti Widya Putri (Partai Golkar) menjadi moderator dalam pertemuan virtual yang digelar Bank Dunia, Kamis (14/4). (Instagram @dpr_ri)

HALLO JAKARTA - ANGGOTA Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Dyah Roro Esti Widya Putri (Partai Golkar) menjadi moderator dalam pertemuan virtual yang digelar Bank Dunia, Kamis (14/4).

The 3rd Global Young MP Initiative Meeting (Pertemuan Inisiatif III Anggota Muda Parlemen) yang digelar Bank Dunia tersebut mengangkat tema, "Innovations to Eliminate Learning Poverty" (Inovasi untuk Menghilangkan Kemiskinan Belajar). Pertemuan yang dimoderatori Dyah Roro Esti, anggota DPR RI dari Partai Golkar tersebut diikuti 90 orang peserta dari berbagai negara.

Selain Dyah Roro Esti, pertemuan virtual juga diikuti Wakil Ketua BKSAP DPR RI Gilang Dhielafararez dan Anggota BKSAP DPR RI Irine Yusiana Roba Putri, keduanya dari PDI Perjuangan.

Wakil Ketua BKSAP DPR RI Gilang Dhielafararez dan Anggota BKSAP DPR RI Irine Yusiana Roba Putri, keduanya dari PDI Perjuangan turut mengikuti pertemuan virtual yang dimoderatori Dyah Roro Esti. (Instagram @dpr_ri)

Global Young MP Initiative Meeting adalah program Bank Dunia untuk anggota parlemen muda (40 tahun ke bawah) dari seluruh dunia yang berkomitmen untuk mengatasi tantangan pembangunan internasional. Karena menurut Bank Dunia, anggota parlemen muda lebih mungkin untuk berhubungan dengan, dan karena itu mengadvokasi, undang-undang untuk mempromosikan isu-isu seperti investasi modal manusia dan penciptaan lapangan kerja bagi kaum muda. 

"Mereka memiliki posisi yang lebih baik untuk memanfaatkan teknologi untuk menciptakan peluang dan perubahan, membawa perspektif dan inovasi baru ke dalam diskusi kebijakan dan memperkuat demokrasi," tulis Bank Dunia tentang program tersebut dalam laman resminya.

Terkait tema yang dibahas dalam pertemuan ketiga itu, menurut Bank Dunia, kemiskinan belajar pada usia sekolah dasar di Indonesia mencapai 35,4% pada tahun 2019. Artinya, kemiskinan belajar dialami oleh sekitar 3 dari 10 anak di Indonesia.

Melalui pertemuan tersebut, Anggota BKSAP DPR RI Dyah Roro Esti menyampaikan, di tengah pandemi Covid-19 saat ini khususnya dari sektor pendidikan, yang diperlukan adalah bagaimana setiap negara dapat hadir bekerja sama untuk melakukan sebuah intervensi. 

Dyah Roro Esti sedang menjadi moderator dalam pertemuan virtual yang diinisiasi Bank Dunia. (Instagram @dpr_ri)

Sehingga nantinya di forum-forum internasional yang akan datang baik dari lintas negara maupun lintas parlemen dapat saling menguatkan dalam bentuk transfer of knowledge atau transfer of technology, agar sistem pendidikan di negara yang saat ini sedang membutuhkan, juga bisa berkembang.

Halaman:

Editor: Achmad Marzoeki

Sumber: world bank, Instagram @dpr_ri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Penjagaan Allah SWT terhadap Islam adalah Nyata !

Sabtu, 12 Maret 2022 | 10:42 WIB

Ketika Menkumham Yasonna Laoly dipanggil Ustadz

Minggu, 27 Februari 2022 | 09:42 WIB
X