Presiden Joko Widodo Bertemu Presiden Zelenskyy, Indonesia Terus Dukung Perdamaian di Ukraina

- Minggu, 21 Mei 2023 | 20:39 WIB

HALLO JAKARTA - Presiden Joko Widodo mengadakan pertemuan bilateral dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy pada Minggu (21/5/2023), di sela-sela KTT G7 dan para mitranya di Hotel Grand Prince di Hiroshima, Jepang.

“Presiden Zelenskyy, saya mengikuti perkembangan situasi di Ukraina. Belasungkawa saya sampaikan kepada para korban yang terus berjatuhan,” kata Presiden Jokowi dalam pengantarnya.

Presiden Joko Widodo juga menegaskan bahwa Indonesia akan terus mendukung upaya perdamaian di Ukraina. Presiden juga menyatakan siap menjadi jembatan perdamaian.

“Indonesia siap menjadi jembatan perdamaian antara Ukraina dan Rusia,” imbuhnya.

Pada saat yang sama, Presiden Zelenskyy menyampaikan apresiasinya atas peran Indonesia dalam mendorong perdamaian di Ukraina.

Presiden Zelenskyy mengenang bahwa Presiden Joko Widodo adalah salah satu pemimpin negara yang mengunjungi Kiev untuk pertama kalinya di tengah situasi sulit di Ukraina.

“Saya ingat kedatangan Yang Mulia adalah salah satu yang pertama di Ukraina. Terima kasih dan kami akan selalu mengingatnya," kata Zelenskyy.

Dalam pertemuan itu, para pemimpin juga membahas soal pangan, seperti yang dibahas di Kiev beberapa waktu lalu. Presiden Joko Widodo menyatakan dukungannya untuk kelanjutan Black Sea Grain Initiative.

“Saya menyambut baik perpanjangan dua bulan Black Sea Grain Initiative. Ini sangat penting untuk kelancaran rantai pasok gandum dunia,” ujarnya.

Selain masalah pangan, pertemuan juga membahas bantuan kemanusiaan. Indonesia telah berjanji untuk membantu memperbaiki rumah sakit di Ukraina.

“Pemerintah Indonesia terus berkoordinasi dengan Bank Dunia dan Kementerian Kesehatan Ukraina terkait hal ini,” ujarnya.

Dalam pertemuan bilateral dengan Presiden Zelensky, Presiden Joko Widodo turut didampingi oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.  

Editor: Afian Dwi Prasetiyo

Sumber: biro pers informasi sekretariat presiden

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Tiba di Hannover

Minggu, 16 April 2023 | 10:25 WIB
X