Mahasiswa UNDS Prodi Manajemen Laksanakan Kegiatan Entrepreneurship

- Sabtu, 15 Januari 2022 | 21:55 WIB
Kunjungan Mahasiswa UNDS Prodi Manajemen ke pelaku UMKM jamur tiram sebagai kegiatan Enterpreneurship untuk memenuhi syarat ujian akhir semester. (Rizky Zulianda)
Kunjungan Mahasiswa UNDS Prodi Manajemen ke pelaku UMKM jamur tiram sebagai kegiatan Enterpreneurship untuk memenuhi syarat ujian akhir semester. (Rizky Zulianda)

HALLO JAKARTA - Mahasiswa UNDS (Universitas Deli Sumatera) Prodi Manajemen melaksanakan kegiatan Entrepreneurship dengan mengunjungi pelaku UMKM budi daya jamur tiram pada Jumat, 14 Januari 2022.

Usaha budi daya jamur tiram Mushroom House milik Hartono, SP yang dikunjungi Mahasiswa UNDS Prodi Manajemen, berlokasi di jalan STM Ujung, No 149, Link XII, Kelurahan Suka Maju, Kecamatan Medan Johor, Kota Medan.

Kegiatan Enterpreneurship dilaksanakan Mahasiswa UNDS Prodi Manajemen untuk memenuhi syarat wajib mahasiswa UNDS Tahun Akademik 2019/2020 dalam menempuh ujian akhir semester. Kunjungan ke Mushroom House (MH) didampingi langsung Dosen Pembimbing Ir.Ernita, MM.

Dalam kesempatan tersebut, Ernita menyampaikan kehadiran UNDS adalah yang pertama ke Mushroom House.

"UNDS baru berdiri 2 tahun ini, maka UNDS menghadirkan mahasiswanya ke MH, untuk melihat, mengetahui dan mendapatkan pengetahuan bagaimana melakukan usaha budi daya jamur, langsung kepada pelaku usahanya," jelas Ernita.

Sebagai pelaku UMKM budi daya jamur tiram, Hartono, SP, berterima kasih dikunjungi para mahasiswa. Pihaknya dengan senang hati siap untuk berbagi ilmu dalam penerapan usaha yang telah digeluti selama 12 tahun.

Dalam paparannya kepada para mahasiswa, Hartono mengatakan dirinya berkecimpung dalam budidaya jamur dimulai pada bulan Oktober tahun 2010.

"Kala itu jangan beranggapan usaha dimulai dari yang besar, namun dirinya merintis usaha dari modal yang sangat kecil. Proses budi daya amur yang dilakoni dirinya saat itu, hanya bermodalkan 50 bag log," terangnya.

Hartono kemudian menjelaskan tentang bag log. Yaitu wadah dari serpihan limbah kayu pabrik yang menjadi tempat tumbuh kembangnya jamur.

Lebih jauh dijelaskan Hartono, ada beberapa proses yang harus dilalui dalam budidaya jamur, salah satunya adalah "sterilisasi".

Halaman:

Editor: Achmad Marzoeki

Sumber: Reportase Rizky Zulianda

Tags

Terkini

Otoritas Saudi Beberkan Sejumlah Kasus Korupsi

Kamis, 20 Januari 2022 | 10:48 WIB

Gejala Varian Omicron dan Cara Pencegahannya

Rabu, 19 Januari 2022 | 13:32 WIB

Sembilan Surat Al Quran yang Dianjurkan Untuk Dibaca

Selasa, 18 Januari 2022 | 20:42 WIB
X