Sri Mulyani: Year on Year Inflasi Naik Sejak 2020

- Senin, 25 April 2022 | 16:27 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani  (Twitter @KemenkeuRI)
Menteri Keuangan Sri Mulyani (Twitter @KemenkeuRI)

HALLO JAKARTA - Kenaikan inflasi sejak April 2020 year on year 2.64% sampai April 2022. Berapa besaran inflasi per April 2022 tak diumumkan. Ini sudah mentradisi jika inflasi berkecamuk. Inflasi di masa Orde Lama juga tak diumumkan oleh Orla. Pengumuman baru disampaikan oleh Menkeu Orde Baru Ali Wardana.

Tapi Menkeu Sri Mulyani kasih penjelasan yang mungkin dapat hibur kita, keadaan finance global sedang memburuk. Maksudnya kita kecipratan global. Tapi pas finance global lagi bagus kita juga tidak kecipratan. Tetap saja fuqara wal masakin.

Seorang bekas pejabat tinggi intelijen, atas pertanyaan hal kondisi politik sekarang menjawab, tunggu habis lebaran. Perayaan lebaran tradisional, merujuk hisab, 2/5 sampai dengan 11/5. Habis lebaran terhitung 12/5 titik awal time frame pergolakan politik. Bill Gates dan 40 pebisnis lain pernah berencana bulan April 2022 mau bikin meeting di Bali. Sampai bulan April jelang tutup tak ada khobar dari Bill Gates.

Lantas titik akhir time frame kapan? Penyanyi top dunia Justin Bieber akan mentas di Jakarta November 2022. Ticket sold out. Bulan sebelumnya Oktober 2022 akan ada G20. Faktor Putin sudah tak terlalu penting lagi saat itu.

Time frame keadaan politik tidak wajar-wajar saja medio Mei 2022 sampai Oktober 2022. Kesimpulan ini merujuk indikasi dan fakta tersebut di atas.

Tidak terlihat upaya pemerintah yang berarti menghindar dari keadaan politik yang buruk yang sangat mungkin muncul. Bolak balik aparat keamanan cuma lempar isu NII.

Mungkin peringatan, merangkap permohonan, Mulyani agar pemerintah jangan anggap sepélé inflasi patut dihargai. Sepélékan, apalagi dua pélékan, keadaan yang makin memburuk ini sungguh tak patut. (Ridwan Saidi)***

Editor: A Toha Almansur

Sumber: Catatan Babe

Tags

Artikel Terkait

Terkini

FSP Parekraf KSPSI Gelar Munas di Bali

Jumat, 17 Juni 2022 | 20:32 WIB
X