Materi Khutbah Jumat : Tiga Kesalahan Iblis

- Kamis, 12 Mei 2022 | 22:09 WIB
Ust. Drs. Ahmad Yani (LPPD Khairu Ummah/DPS Lazisku) (Sulaiman Sofyan)
Ust. Drs. Ahmad Yani (LPPD Khairu Ummah/DPS Lazisku) (Sulaiman Sofyan)

HALLO JAKARTA - Khutbah Jumat pekan ini berjudul: "Tiga Kesalahan Iblis".

Khutbah ini disusun oleh: Drs. H. Ahmad Yani

Ustad Ahmad Yani adalah Ketua Departemen Dakwah PP DMI, Ketua LPPD Khairu Ummah, Anggota Komisi Dakwah MUI Pusat, Sekretaris Dewan Syura IKADI, Penulis 57 Buku, Trainer Dai, Manajemen Masjid dan MajelisTaklim, Dewan Pengawas Syariah Lazisku KB PII.

Setiap kita harus menjadi muslim yang sejati, tapi ada kendala yang harus diwaspadai, yakni adanya godaan-godaan syaitan, karenanya setiap kita harus memperlakukan syaitan sebagai musuh abadi.

Seharusnya sekarang kita menjadi orang kuat di hadapannya, Allah swt berfirman yang artinya:

Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam keseluruhan, dan janganlah kamu turut langkah-langkah syaitan. Sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagimu (QS Al Baqarah [2]:208).

Syaitan atau disebut juga dengan iblis harus kita waspadai karena ia telah melakukan kesalahan yang amat prinsip sebagai hamba Allah swt. Karenanya, jangan sampai kita melakukan tiga kesalahan iblis itu.

Pertama, Membangkang. Di dalam Al-Quran, bentuk pembangkangan yang dilakukan Iblis adalah menolak apa yang diperintah Allah swt untuk sujud kepada Adam dalam arti menghormati dan memuliakannya, ini disebutkan dalam firman-Nya:

Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada Para Malaikat: "Sujudlah kamu kepada Adam," Maka sujudlah mereka kecuali Iblis; ia enggan dan takabur dan adalah ia Termasuk golongan orang-orang yang kafir (QS Al Baqarah [2]:34)

Halaman:

Editor: Sulaiman Sofyan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jadwal Khatib Jumat Masjid DKI Jakarta

Kamis, 12 Mei 2022 | 22:16 WIB

Materi Khutbah Jumat : Tiga Kesalahan Iblis

Kamis, 12 Mei 2022 | 22:09 WIB

LAZISKU KBPII Sumut Menyapa Kaum Pekerja

Senin, 2 Mei 2022 | 21:29 WIB

Manuver Mahfud MD

Rabu, 27 April 2022 | 09:16 WIB
X