Kembangkan Wakaf Uang Online, Bunda Wakaf Wanita Islam Gandeng KOWANI dan Yayasan Edukasi Wakaf Indonesia

- Rabu, 3 Agustus 2022 | 16:04 WIB
Penandatanganan kerja sama Wakaf Uang Online antara Bunda Wakaf Wanita Islam (PP WI), KOWANI dan YEWI. (Dokumentasi PP WI)
Penandatanganan kerja sama Wakaf Uang Online antara Bunda Wakaf Wanita Islam (PP WI), KOWANI dan YEWI. (Dokumentasi PP WI)

HALLO JAKARTA - Bunda Wakaf Wanita Islam yang didirikan Pimpinan Pusat Wanita Islam (PP WI) pada tahun 2018, merupakan lembaga wakaf uang tunai secara online atau berbasis internet yang dikenal dengan istilah Wakaf Uang Online.

Bunda Wakaf Wanita Islam telah memulai memobilisasi pengumpulan dan pengelolaan Wakaf Uang Online, melalui jaringan interkoneksi dengan transaksi secara online oleh siapa saja, di mana saja, dan kapan saja.

Untuk terus mengembangkan Wakaf Uang Online, Bunda Wakaf Wanita Islam terus memperluas jaringan kerja sama dengan berbagai pihak. Seperti yang baru saja dilakukan pada Selasa (2/8) lalu, penandatangan kerja sama antara Bunda Wakaf Wanita Islam, Kongres Wanita Indonesia (KOWANI) dan Yayasan Edukasi Wakaf Indonesia (YEWI).

Penandatanganan perjanjian kerja sama fundraising wakaf uang dilakukan secara daring, antara Ketua Umum PP WI, Dra Hj Marfuah Musthofa, MPd, Ketua Umum KOWANI, Dr Ir Giwo Rubianto Wiyogo, MPd dan Ketua Yayasan Edukasi Wakaf Indonesia (YEWI), Yusri Akhyar, S.Sos.

Usai penandatanganan kerja sama, Ketua Umum PP WI yang juga Ketua Umum Bunda Wakaf Wanita Islam, Dra Hj Marfuah Musthofa, MPd, menegaskan kerja sama ini akan membangkitkan Program Wakaf Uang Tunai.

"Program wakaf uang tunai secara online ini akan banyak memberikan manfaat bagi kedua organisasi (Wanita Islam dan KOWANI-red). Dana hasil wakaf ini dapat dipakai untuk pembiayaan dakwah, operasional, kegiatan sosial kemasyarakat, beasiswa pendidikan dan pengembangan ekonomi umat," terang Marfuah Musthofa.

Marfuah Musthofa juga menekan bahwa dalam sistem ekonomi Islam, wakaf uang diakui memiliki dampak yang lebih cepat dibadingkan jenis wakaf benda kongkret, karena sifat fleksibilitas yang dimiliki wakaf jenis ini .

"Wakaf tunai memiliki instrumen mobilisasi dana yang bervariasi. Selain itu dapat memperluas basis sumber dana secara signifikan karena nominalnya jauh lebih rendah dan bervariasi dibandingkan wakaf aset fisik seperti tanah dan gedung," imbuh Marfuah Musthofa.

Wakaf uang tunai, menurut Marfuah Musthofa juga mudah dikelola dan dikembangkan menjadi wakaf produktif.

Halaman:

Editor: Achmad Marzoeki

Sumber: Rilis

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tagar KompolnasBerbohong Trending di Twitter

Rabu, 10 Agustus 2022 | 09:11 WIB
X