Pat Pat Gulipat Level Global

- Kamis, 4 Agustus 2022 | 07:11 WIB
Pat Pat Gulipat Level Global/ilustrasi  (Cabe)
Pat Pat Gulipat Level Global/ilustrasi (Cabe)

HALLO JAKARTA - Menjelang kunjungan Ketua DPR AS ke Taiwan tanggal 2-3/8/2022, China keluarkan reaksi keras sampai pada ancaman persoonlijk. Nancy berkunjung juga, bahkan kemarin 3/8/22 Inggris menyatakan akan kirim pejabatnya ke Taiwan. Rasanya statemen serupa akan muncul juga dari Aussie.

Indonesia, melalui pakar tajir gelar, buat pernyataan yang terkesan dukung China. Sebelum heboh Pelosi, Biden dan Jin Ping dalam rangka bilateral relationship melakukan percakapan telpon selama, menurut NBC, 2 jam 17 menit, meliputi ekonomi global dan soal Taiwan.

Yang tidak punya pengalaman empirik dalam politik pasti kelojotan membaca fenomena ini.
Dalam permainan ceki gelundung ini yang disebut tarik locan buang bendera. Dalam sepakbola Belanda jaman Johan Cruijf ini yang disebut schijn beweging.

Apa yang terjadi dengan China? Dalam pertemuan-pertemuan pendahuluan G20 delegasi China di sidang menjadi pendiam yang budiman menyaksikan mayoritas delegasi hajar Rusia yang menzalimi Ukraina. Juga China nonton saja waktu Menlu Rusia keluar sidang. China tidak mau berkomentar karena mereka takut phoatang, kartunya kebaca.

China menyaksikan betapa nestapa Rusia yang terima balasan karena hajar Ukraina duluan. China juga merasakan tidak enaknya dikepung selama dua tahun, dan masih lanjut.

China pat pat gulipat dengan AUKUS agar tidak tercium Soviet. Tidak ada risiko kalau pun Rusia tahu. Tapi kedua negara bersahabat sudah lama. Tak enak lah.

China juga tak mau mengecewakan penggemarnya di Indonesia, baik pelaku politik yang kalau omong sejarah tak ada dasarnya, atau pakar kampus yang kalau bicara tak nampak intelektualitasnya.

Kalau lama-lama mereka tahu politik China bagaimana? Merujuk ke Tsun Su, perang itu tipu daya. Lu kudu paham donk.

China sudah menyadari perubahan konstelasi kekuatan politik Global. China tak mau mudah diatur, juga tak mau dimusuhi. China ogah jadi Rusia, cilaka punya urusannya. (Ridwan Saidi/Catatan Babe).***

Editor: A Toha Almansur

Sumber: Catatan Babe

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mendag Zulhas Lepas Ekspor Produk Tekstil PT Kewalram

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 22:25 WIB

Pat Pat Gulipat Level Global

Kamis, 4 Agustus 2022 | 07:11 WIB

Indonesia: Where Am I?

Senin, 1 Agustus 2022 | 07:42 WIB

OBOR versus OPOR, Mana Lebih Enak?

Jumat, 15 Juli 2022 | 06:28 WIB

Akar Sejarah Indo Pacific

Rabu, 13 Juli 2022 | 07:41 WIB

Rajapaksa Dipaksa Baru Mau Mundur

Senin, 11 Juli 2022 | 07:01 WIB

Dialog Shangri-La Kembali digelar di Singapura

Sabtu, 11 Juni 2022 | 15:12 WIB
X