Garam Hitam, Obat Rumahan Untuk Atasi Kram Otot

- Senin, 8 Agustus 2022 | 10:22 WIB
Garam hitam.*
Garam hitam.*

HALO JAKARTA. Apa itu garam hitam? Bagi yang belum kenal, garam hitam adalah jenis garam dari batuan vulkanik dari kaki bukit pegunungan Himalaya di India, Pakistan, Nepal, hingga Bangladesh. Garam hitam atau juga Kala Namak mempunyai manfaat bagi tubuh kita.


Garam ini memang kurang populer di Indonesia. Namun garam ini ternyata mampu untuk mengobati penyakit seperti kram otot, kembung hingga mulas. Nah ada berapa manfaat lain dari garam hitam ini dan dapat dijadikan sebagai obat rumahan.

Pertama, garam hitam dapat mengatur tekanan darah. Hal ini disebabkan kadar natrium yang terkandung dalam lebih lebih rendah jika dibanding dengan garam biasa. Untuk itu garam hitam bisa menjadi alternatif yang bagus sebagai pengganti garam komersil. Mengkonsumsi garam dalam jumlah tinggi telah dikaitkan dengan tekanan darah tinggi, kanker perut, dan pengeroposan tulang.

Kedua, untuk kesehatan pencernaan. Garam hitam juga diklaim dapat meningkatkan pencernaan dan menurunkan penyakit terkait perut lainnya seperti sembelit, refluks asam, kembung dan gas. Akan tetapi pendapat ini perlu pembuktian ilmiah lebih lanjut.

Ketiga, mampu mencegah kram otot. Ternyata garam hitam dapat membantu mengatur fungsi otot dan meredakan nyeri otot yang disebabkan oleh kandungan kalium di dalamnya. Kalium adalah mineral penting yang membantu mengatur kontraksi otot dan mencegah kram otot.

Keempat, garam hitam dapat membantu menurunkan berat badan. Kandungan natrium dalam garam hitam jumlahnya rendah yang dapat membantu dalam mengatur berat badan. Namun hal ini diperlukan studi lebih lanjut.

Kelima, dapat mengurangi retensi air atau kelebihan air menumpuk di tubuh Anda, terutama di perut, kaki dan lengan. Retensi air ini dapat menyebabkan pembengkakan, kembung, kekakuan pada persendian, penambahan berat badan, nyeri pada bagian tubuh yang terkena dan perubahan warna kulit dan kulit bengkak.

Adapun salah satu penyebabnya adalah terlalu banyak mengonsumsi garam sehingga. Dengan mengonsumsi garam hitam maka dapat membantu mengurangi retensi air. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami mekanisme pasti yang bertanggung jawab atas manfaat ini.

Keenam, garam hitam mampu meningkatkan kesehatan kulit dan rambut. Adanya kandungan mineral yang banyak dalam garam hitam dapat membantu memperbaiki tekstur kulit dan rambut. ***

Halaman:

Editor: Nurul Huda

Sumber: antaranews

Tags

Terkini

X