Gus Samsudin Tak Bisa Membedakan Kandungan Surat An Nas dan Surat Adz Dzaariyaat, Dikritik Media NU

- Sabtu, 13 Agustus 2022 | 15:50 WIB
Unggahan rekaman video pernyataan Gus Samsudin oleh akun Instagram @ala_nu mendapat 17,7 ribu suka dan 2.230 komentar. (Tangkap layar akun Instagram @ala_nu)
Unggahan rekaman video pernyataan Gus Samsudin oleh akun Instagram @ala_nu mendapat 17,7 ribu suka dan 2.230 komentar. (Tangkap layar akun Instagram @ala_nu)

HALLO JAKARTA - TOKOH Kontraversial Gus Samsudin masih menjadi sorotan publik dan media. Kali ini pernyataannya yang mengindikasikan kurangnya pengetahuan tentang ajaran Islam menjadi sorotan media Nahdlatul Ulama.

Kali ini akun Instagram @ala_nu menyoroti pernyataan Gus Samsudin yang disampaikan dengan meyakinkan padahal isinya keliru. Karena salah menyebut surat yang mengandung tujuan penciptaan jin dan manusia.

Akun Instagram @ala_nu mengunggah rekaman video yang berisi pernyataan Gus Samsudin, namun tak disebutkan sedang berbicara di mana dan kapan waktunya.

Dari informasi profilnya akun Instagram ala NU (@ala_nu) menyebut akunnya sebagai "Media Informasi Nahdlatul Ulama yang Modern, Ringan dan Akurat".

Dalam rekaman video pendek tersebut, Gus Samsudin menjelaskan tentang jin.

"Di dalam Al Quran ada yang namanya jin, yaitu di Surat An Nas. Yang intinya bunyinya bahwa tidak saya ciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah kepada Allah," kata Gus Samsudin dalam rekaman video tersebut.

Unggahan rekaman video pernyataan Gus Samsudin tersebut kemudian diberi keterangan oleh akun Instagram @ala_nu.

Keterangan akun Instagram @ala_nu terhadap rekaman video pernyataan Gus Samsudin tentang jin. (Tangkap layar akun Instagram @ala_nu.)

"Mohon maaf, kesalahan ucap adalah hal yang lumrah, tapi mbok ya jangan parah ta ya, surat annas adalah surat pendek yang banyak dihapal oleh anak kecil dan merekapun tau artinya, kalau yang dikutip beliau ini "Dan tidaklah Aku menciptakan jin dan manusia melainkan untuk beribadah kepada-Ku (saja)" adalah surat(QS. Adz-Dzaariyaat: 56). Please, gus yang kami kenal semuanya hafal surat an-nas, mbok ya jangan malu-maluin ta GUS!!" tulis akun Instagram @ala_nu.

Sampai berita ini ditulis, rekaman video yang diunggah sehari yang lalu sudah ditayangkan lebih dari 234 ribu kali, mendapat 17,7 ribu suka dan 230 komentar.

Halaman:

Editor: Achmad Marzoeki

Sumber: Instagram @ala_nu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X