Harta Batil, Salah Satunya Hasil Rekayasa Melalui Pengadilan

- Selasa, 20 September 2022 | 14:45 WIB
Ilustrasi pengadilan, salah satu harta batil diperoleh dengan rekayasa melalui hakim  (EUCourtPress)
Ilustrasi pengadilan, salah satu harta batil diperoleh dengan rekayasa melalui hakim (EUCourtPress)

HALLO JAKARTA - Membutuhkan harta membuat kita harus mencarinya. Namun, tidak dibenarkan menghalalkan segala cara.

Sa’id Ibnu Zubair menceritakan sebagaimana diriwayatkan oleh Ibnu Abi Hatim bahwa Umru’ul Qais bin Abis dan Abdan bin Asywa al Hadhrami memperebutkan sebidang tanah. Lalu Umru’ul Qais ingin bersumpah untuk meyakinkan, maka Allah swt menurunkan firman-Nya:

وَلَا تَأْكُلُوا أَمْوَالَكُمْ بَيْنَكُمْ بِالْبَاطِلِ وَتُدْلُوا بِهَا إِلَى الْحُكَّامِ لِتَأْكُلُوا فَرِيقًا مِنْ أَمْوَالِ النَّاسِ بِالْإِثْمِ وَأَنْتُمْ تَعْلَمُونَ

Dan janganlah sebahagian kamu memakan harta sebahagian yang lain di antara kamu dengan jalan yang batil dan (janganlah) kamu membawa (urusan) harta itu kepada hakim, supaya kamu dapat memakan sebahagian daripada harta benda orang lain itu dengan (jalan berbuat) dosa, padahal kamu mengetahui (QS Al Baqarah [2]:188).

Dari kisah di atas, pelajaran yang dapat kita ambil adalah:

1. Menghalalkan segala cara untuk mendapatkan harta, apalagi membawanya kepada hakim untuk mendapatkan legalitas hukum sangat dilarang oleh Allah swt.

2. Sekarang ini banyak kasus orang bersengketa di pengadilan karena memperebutkan harta. Karenanya, ke pengadilan itu ternyata bukan untuk mencari keadilan, tapi mencari pembenaran, apalagi bila hakim bisa disogok.

3. Keputusan hakim tentang sengketa harta tetap tidak menghalalkan sesuatu yang memang tidak halal, apalagi hati kita memang tahu bahwa itu bukan milik kita.

Demikian semoga bisa menjadi renungan bagi kita agar bersikap fair dalam mencari harta dan kekayaan.

Sebagai catatan, naskah ini merupakan salah satu tulisan pada buku ASBABUN NUZUL TEMATIK, pada Bab tentang Harta.

Halaman:

Editor: A Toha Almansur

Sumber: Buku

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X