Ketum KSPSI Jumhur Hidayat Ingatkan Batam Harus Perhatikan Kesejahteraan Pekerja

- Kamis, 22 September 2022 | 08:17 WIB
Ketum KSPSI Moh Jumhur Hidayat dalam kunjungan ke Batam ingatkan agar perhatikan pendapatan buruh dan pekerja  (Ist)
Ketum KSPSI Moh Jumhur Hidayat dalam kunjungan ke Batam ingatkan agar perhatikan pendapatan buruh dan pekerja (Ist)

HALLO JAKARTA - Ketua Umum DPP KSPSI Moh Jumhur Hidayat mengingatkan pengembangan Batam sebagai kawasan industri dan wisata mesti dibarengi pendapatan layak bagi para pekerjanya.

'Kalau industri tumbuh dan pendapatan buruh tinggi maka kita akan melihat suatu kota yang berkembang dalam keadilan dan kemakmuran bersama," kata Jumhur Hidayat di Batam, Selasa 20 September 2022.

"Buruh adalah aset penting di Batam sehingga tidak boleh seperti banyak kawasan industri lainnya yang hanya menjadikan suatu daerah sebagai lokasi tanah dan buruh murah untuk memupuk kekayaan kaum pemodal seperti zaman kolonial dulu," tambah mantan Kepala BNP2TKI ini.

Jumhur Hidayat berada di Batam dalam kunjungan menyapa anggota SP LEM KSPSI di berbagai pabrik seperti di PT CladTek milik Australia, PT Varta milik Jerman dan PT Lancang Kuning Sukses (LKS).

Dalam kunjungan yang berlangsung dua hari, 19-20 September ini, Jumhur memuji aktivitas serikat pekerja yang sudah bisa menjadi tumpuan anggota. "Saya senang dengan manajemen maupun pimpinan unit kerja SPSI di berbagai perusahaan itu karena mereka bertindak profesional dalam kedudukannya masing-masing yaitu tetap berhubungan baik satu sama lain namun kepentingan usaha dan anggota pekerjanya tetap diutamakan," ucap Jumhur.

Batam sebagai kota industri telah mengalami kemajuan pesat. Pada akhir tahun 70'an penduduk di Pulau Batam masih kurang dari 10.000 orang. Namun kini telah berkembang jadi kota industri dan wisata utama di Indonesia dengan jumlah penduduk sekitar 1,2 juta jiwa.

Salah satu pemicu perkembangan Batam karena karena industri yang membutuhkan pekerja dan buruh dari luar daerah.

Oleh karena itu Jumhur mengingatkan semua pihak agar selalu memperhatikan para pekerja sebagai pilar kemajuan khususnya di kawasan Batam. ***

Editor: A Toha Almansur

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X