Mengenal Curacao dan Timnasnya

- Kamis, 22 September 2022 | 17:27 WIB
Bendera Curacao (Wikipedia)
Bendera Curacao (Wikipedia)

HALLO JAKARTA - TIMNAS Indonesia akan melakukan pertandingan persahabatan (FIFA Match Day) melawan Curacao pada 24 September 2022 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung dan 27 September 2022 di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor.

Banyak pecinta sepak bola Indonesia yang bertanya-tanya tentang Curacao dan sejauh mana prestasinya, sehingga dipilih menjadi lawan tanding persiapan Timnas Indonesia menghadapi Piala AFF 2022.

Pada laman ensiklopedia bebas Wikipedia dijelaskan Curacao (penulisan aslinya Curaçao, pengucapan bahasa Inggris: [ˈkjʊərəsaʊ]; bahasa Belanda: Curaçao, Papiamentu: Kòrsou) adalah sebuah pulau di Laut Karibia sebelah selatan, dekat pesisir Venezuela.

Negara Curaçao (dalam bahasa Belanda: Land Curaçao, Papiamentu: Pais Kòrsou), yang mencakup pulau utama dan pulau Klein Curaçao ("Curaçao Kecil") yang kecil dan tidak berpenghuni, merupakan salah satu negara konstituen Kerajaan Belanda. Curacao beribukota di Willemstad.

Meski pecinta sepak bola mungkin jarang mendengar nama Curacao, tapi dari sisi peringkat FIFA, Curacao masih jauh lebih tinggi dibanding Indonesia.

Pada peringkat FIFA terbaru yang dirilis 25 Agustus 2022, Curacao memiliki peringkat FIFA 84, sementara Indonesia baru memiliki peringkat FIFA 155. Masih jauh selisih peringkatnya.

Lokasi Curacao (Wikipedia)

Karena lokasi geografisnya, maka Curacao bergabung dengan CONCACAF (The Confederation of North, Central America and Caribbean Association Football, Konfederasi Sepak Bola Amerika Utara, Tengah, dan Karibia adalah badan pengedali sepak bola di Amerika Utara, Amerika Tengah, dan Karibia).

CONCACAF memiliki tiga jenjang liga antar negara anggotanya, yakni: Liga A (tertinggi), Liga B dan Liga C. Saat ini Curacao bergabung dalam Liga A group C bersama Honduras dan Kanada.

Halaman:

Editor: Achmad Marzoeki

Sumber: Wikipedia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X