Buntut Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan Usai Kekalahan Arema FC, PT LIB Hentikan Liga 1 Sepekan

- Minggu, 2 Oktober 2022 | 15:04 WIB
Stadion Kanjuruhan, yang menjadi home base Arema FC pada kompetisi Liga 1. (Liga Indonesia Baru)
Stadion Kanjuruhan, yang menjadi home base Arema FC pada kompetisi Liga 1. (Liga Indonesia Baru)

HALLO JAKARTA - LAGA pekan kesebelas Liga 1 antara Arema FC melawan Persebaya Surabaya, pada Sabtu (1/10) malam berbuntut kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang, Jatim.

Laga pekan kesebelas Liga 1 antara Arema FC menghadapi Persebaya Surabaya menurut jadwal dilaksanakan mulai pukul 20.00 WIB dan disiarkan langsung Indosiar. Tentu tak ada yang mengira bila laga ini akan berakhir dengan kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, meski tuan rumah Arema FC harus menelan kekalahan 2-3 dari Persebaya Surabaya.

Sebelum dikalahkan Persebaya Surabaya, Arema FC sudah dua kali menelan kekalahan pada laga kandang Liga 1, tapi tidak berbuntut kerusuhan di Stadion Kanjuruhan.

Pada laga pekan ketujuh Liga 1, Arema FC kalah tipis 0-1 dari Persija Jakarta di Stadion Kanjuruhan pada Ahad, 28 Agustus 2022. Lalu pada pekan kesembilan, giliran Persib Bandung mengalahkan Arema FC 2-1 di Stadion Kanjuruhan, pada Ahad, 11 September 2022. Namun kedua laga tersebut tak berbuntut kerusuhan.

Buntut kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, sebagai operator kompetisi BRI Liga 1 2022/2023, PT Liga Indonesia Baru (LIB) langsung mengeluarkan sikap resmi yang dirilis dalam situs resmi Liga Indonesia Baru.

“Kami prihatin dan sangat menyesalkan peristiwa tersebut. Kami ikut berdukacita dan semoga ini menjadi pelajaran berharga bagi kita semua,” sebut Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita dalam rilis tersebut.

Selanjutnya Akhmad Hadian Lukita menegaskan pihaknya memutuskan bahwa kompetisi BRI Liga 1 2022/2023 dihentikan selama sepekan.

“Keputusan tersebut kami umumkan setelah kami mendapatkan arahan dari Ketua Umum PSSI. Ini kami lakukan untuk menghormati semuanya dan sambil menunggu proses investigasi dari PSSI,” jelas Akhmad Hadian Lukita.***

Editor: Achmad Marzoeki

Sumber: Liga Indonesia Baru

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gol Bunuh Diri

Minggu, 27 November 2022 | 06:03 WIB

Korban Meninggal Gempa Cianjur Terus Bertambah

Selasa, 22 November 2022 | 06:42 WIB
X