Sebelum Tragedi di Stadion Kanjuruhan Mendunia, MAN 2 Kota Malang Sudah Mendahuluinya

- Senin, 3 Oktober 2022 | 05:00 WIB
MAN 2 Kota Malang, lembaga pendidikan yang mendunia di Kota Malang. (Kemenag)
MAN 2 Kota Malang, lembaga pendidikan yang mendunia di Kota Malang. (Kemenag)

HALLO JAKARTA - INSIDEN yang terjadi pasca kekalahan klub kebanggaan warga Malang Raya, yang sering disebut Kera Ngalam (Arek Malang tapi dibaca dari belakang) Arema FC dari Persebaya Surabaya, informasinya sudah menyebar ke seluruh dunia. Tragedi di Stadion Kanjuruhan tersebut juga mendapat perhatian Presiden FIFA Gianni Infantino.

Data korban Tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang yang masih terus berkembang, sehingga disebut menjadi tragedi sepak bola terbesar kedua di dunia.

Dampak Tragedi di Stadion Kanjuruhan, Kota Malang menjadi mendunia. Walau sebenarnya lokasi Stadion Kanjuruhan berada di Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang.

Mungkin masih banyak yang belum tahu, yang dahulunya disebut Malang Raya sekarang terbagi menjadi tiga daerah otonomi, yakni Kota Malang, Kota Batu dan Kabupaten Malang.

Mendunianya Kota Malang bukan hal baru, ada yang sebelumnya sudah mendunia dari Kota Malang, yakni salah satu lembaga pendidikannya, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Malang.

Dikutip dari situs resmi Kementerian Agama, menurut Kepala MAN 2 Kota Malang, Muhammad Husnan, ada dua program unggulan lembaga yang dipimpinnya sehingga bisa mendunia, yaitu: Program Pengembangan Olimpiade Sains (PROPOLIS) dan Program Pengembangan Bahasa Asing dan Kemitraan Internasional (MADU MANJA – MAN 2 MENJELAJAH DUNIA).

Dua program tersebut membuat MAN 2 Kota Malang dikenal di seantero nusantara karena siswanya yang sering mengukir prestasi. Tercatat sejak 2017, lembaga pendidikan yang berada di bawah binaan Kementerian Agama ini tidak pernah absen mengirimkan lebih dari 300 delegasinya di ajang olimpiade dan riset tingkat nasional. Bahkan, 16 siswa di antaranya tembus sampai tingkat internasional.

Salah satu fasilitas di MAN 2 Kota Malang untuk mendorong peserta didiknya berprestasi dalam kompetisi sains. (Kementerian Agama)

Ribuan alumni MAN 2 Kota Malang juga melanjutkan kuliah di berbagai perguruan tinggi favorit di dalam negeri, mulai dari Universitas Gajah Mada, Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Surabaya, Universitas Airlangga, Universitas Brawijaya, dan lainnya.

Halaman:

Editor: Achmad Marzoeki

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gol Bunuh Diri

Minggu, 27 November 2022 | 06:03 WIB

Korban Meninggal Gempa Cianjur Terus Bertambah

Selasa, 22 November 2022 | 06:42 WIB
X