Lagi Menteri di Kabinet PM Jepang Mengundurkan Diri

- Senin, 21 November 2022 | 12:16 WIB
PM Jepang Fumio Kishida m (youtube/the straits times)
PM Jepang Fumio Kishida m (youtube/the straits times)

HALO JAKARTA. Satu menteri dalam kabinet PM Jepang Fumio Kishida mengundurkan diri. Ini menjadi menteri yang ketiga dalam kurun waktu sebulan yang mengundurkan diri.  Menteri Dalam Negeri Jepang Minoru Terada menyatakan mengundurkan diri pada Minggu kemarin setelah sebelumnya Menteri Revitalisasi Ekonomi Daishiro Yamagiwa mengundurkan diri dan Menteri Kehakiman Yasuhiro Hanashi.

Minoru Terada mundur terkait dengan persoalan skandal pendanaan yang menimpanya. Ia  mengakui bahwa salah satu kelompok pendukungnya telah menyerahkan dokumentasi pendanaan yang seolah-olah ditandatangani oleh orang yang telah meninggal. Terada mengajukan pengunduran dirinya ke Kishida setelah media melaporkan bahwa perdana menteri bersiap untuk memecatnya. Kishida mengatakan dia telah menerima pengunduran diri Terada untuk memprioritaskan debat parlemen, termasuk pembahasan anggaran tambahan kedua untuk tahun fiskal yang berakhir Maret.

"Saya merasakan tanggung jawab yang berat," katanya kepada wartawan, menambahkan bahwa dia berencana untuk menunjuk pengganti Terada pada Senin pagi. Kepergian Terada dapat semakin melemahkan posisi Kishida yang peringkat dukungannya tetap berada di bawah 30% dalam beberapa jajak pendapat baru-baru ini, tingkat yang mungkin membuatnya sulit untuk menjalankan agenda politiknya.

Apa yang terjadi dalam pemerintahan Jepang menjadi pukulan bagi Kishida yang posisinya mulai goyah karena tingkat kepercayaan masyarakat semakin menurun. Popularitas Kishida menukik tajam setelah pembunuhan mantan Perdana Menteri Shinzo Abe pada Juli lalu dimana terungkapnya hubungan yang dalam dan sudah berlangsung lama antara politisi Partai Demokrat Liberal yang berkuasa dan Gereja Unifikasi yang menurut para kritikus adalah aliran sesat.

Sebelumnya Menteri Revitalisasi Ekonomi Daishiro Yamagiwa terlebih dulu menyatakan mengundurkan diri pada 24 Oktober. Hekangnya Yamagiwa terkair dengan kelompok agama. Pukulan berikutnya datang akibat pengunduran diri Menteri Kehakiman Yasuhiro Hanashi pada pertengahan November karena komentar yang dianggap meremehkan tanggung jawab pekerjaannya, khususnya penandatanganan eksekusi. Pengunduran diri Hanashi dan Terada terasa semakin menyakitkan karena mereka adalah anggota faksi Kishida di LDP.

 

Editor: Nurul Huda

Sumber: antaranews

Tags

Terkini

Polugri Layangan Putus Terhenti Duet USA-Turki

Rabu, 30 November 2022 | 07:44 WIB

Memandang Politik Indonesia ke Depan

Sabtu, 26 November 2022 | 07:49 WIB

Lagi Menteri di Kabinet PM Jepang Mengundurkan Diri

Senin, 21 November 2022 | 12:16 WIB

Samen Bundeling Van Alle G 20 Krachten

Jumat, 18 November 2022 | 06:08 WIB

Drama Benci Tapi Rindu Ending by Rujuk di Bali

Rabu, 16 November 2022 | 06:01 WIB
X