Hati-Hati Pada Makanan Ultra Proses

- Senin, 21 November 2022 | 16:38 WIB
Makanan ultra proses (Sumber : Pexels)
Makanan ultra proses (Sumber : Pexels)

HALO JAKARTA. Ternyata makanan yang melalui ultra proses bukan hanya tidak sehat untuk dikonsumsi tetapi juga menimbulkan adiksi bagi yang mengkonsumsi. Dalam jurnal Addiction disebutkan bahwa makanan jenis tersebut bisa seperti mengisap tembakau yang adiktif.


Menurut Medical Daily, makanan seperti minuman manis, sereal sarapan manis, produk daging seperti hot dog, sup instan, dan produk pasta kotak meski sangat enak, cenderung mengandung bahan tambahan dalam jumlah berlebihan.

Para peneliti dalam studi tersebut mensyaratkan empat kriteria makanan yakni penggunaan terkontrol atau kompulsif sehingga membuat pengguna merasa sulit untuk berhenti. Selain itu juga memiliki dampak psikoaktif pada otak, perilaku yang diperkuat, dan adanya dorongan atau hasrat yang kuat.

Hasilnya dari keempat kriteria para peneliti menemukan bukti makanan ultra proses mungkin juga memiliki adiksi yang kuat bagi yang mengknisumsi. Hal itu sebagaimana hasil penelitian yang ini digunakan pada tahun 1988 untuk menetapkan tembakau bersifat adiktif. "Makanan olahan memenuhi setiap kriteria ini," kata penulis utama studi Ashley Gearhardt.

Menurut peneliti, jika sains mendukung makanan ultra proses bukan hanya tidak sehat, tetapi juga membuat ketagihan, maka ini menantang pernyataan bahwa asupan makanan ini yang berlebihan murni masalah pilihan.

Tidak seperti merokok, semua orang perlu makan, sehingga menjadikannya masalah yang lebih penting. Selain itu, anak-anak dikatakan sebagai target utama dari iklan produk semacam itu. Jadi, temuan semacam itu dapat membantu meningkatkan pengawasan praktik industri dalam pengembangan dan pemasaran makanan ultra proses khususnya untuk anak-anak.

"Sudah waktunya untuk berhenti berpikir tentang makanan olahan hanya sebagai makanan, tetapi sebagai zat yang dapat membuat ketagihan," ujar penulis studi Alexandra DiFeliceantonio.

Editor: Nurul Huda

Sumber: antaranews

Tags

Terkini

Polugri Layangan Putus Terhenti Duet USA-Turki

Rabu, 30 November 2022 | 07:44 WIB

Politik-Islam Globalist Berubah: Kasus Asia Tenggara

Senin, 28 November 2022 | 06:44 WIB

Gol Bunuh Diri

Minggu, 27 November 2022 | 06:03 WIB

Memandang Politik Indonesia ke Depan

Sabtu, 26 November 2022 | 07:49 WIB
X