Ada Makam Pejuang Wanita Aceh di Blora, BPPA Akan Napak Tilas

- Senin, 21 November 2022 | 23:43 WIB
Makam pejuang wanita Aceh, Pocut Meurah Intan di Blora. (Istimewa)
Makam pejuang wanita Aceh, Pocut Meurah Intan di Blora. (Istimewa)

HALLO JAKARTA - SELAIN makam Pahlawan Nasional Cut Nyak Dhien di Gunung Puyuh, Sumedang, masih ada lagi makam pejuang wanita Aceh lain di Jawa Tengah, tepatnya Kabupaten Blora. Meski belum diakui sebagai Pahlawan Nasional, Pocut Meurah Intan merupakan pejuang wanita Aceh yang patut diteladani perjuangannya.

Kepala Badan Penghubung Pemerintah Aceh (BPPA) Akkar Arafat, SSTP, MSi, melalui Kasubbid Hubungan Antar Lembaga dan Masyarakat, pada BPPA, Ir Cut Putri Alyanur, MM, menjelaskan bahwa keteladanan Pocut Meurah sebagai pejuang wanita Aceh antara lain karena menjadikan keluarganya sebagai keluarga pejuang untuk melawan tentara kolonial Belanda.

"Pocut Meurah Intan adalah istri Tuanku Abdul Majid, putera Tuanku Abbas bin Sultan Alaidin Jauhar Alam Syah. Sebagai pejuang wanita Aceh, Pocut Meurah Intan berjuang bersama suaminya melawan Belanda, khususnya di wilayah XII Mukim Pidie dan sekitarnya (Mukim setingkat Kawedanan-red). Pasangan suami istri ini juga mengajak putera-puteranya untuk ikut berperang," sebut Cut Putri Alyanur.

Pocut Meurah Intan bersama kedua puteranya, Tuanku Muhammad Batee dan Tuanku Nurdin ditangkap pasukan Marsose yang bermarkas di Padang Tiji. Selanjutnya Pocut Meruah Intan, bersama saudaranya, Tuanku Budiman, dan seorang keluarga sultan yang bernama Tuanku Ibrahim, kemudian dibuang ke Blora, Jawa Tengah, berdasarkan Surat Keputusan Pemerintah Hindia Belanda No. 24 tanggal 6 Mei 1905.

"Pocut Muerah Intan meninggal pada 19 September 1937 di Blora, Jawa Tengah dan dimakamkan di sana," tambah Cut Putri.

Memanfaatkan momentum Hari Pahlawan di bulan Nopember, BPPA melakukan napak tilas pejuang wanita Aceh di Blora, usai napak tilas Pahlawan Nasional Cut Nyak Dhien di Sumedang.

"Kami akan mengulas dan bersilahturahmi kembali dengan para keluarga yang mengurus makam Pocut Meurah Intan," kata Cut Putri Alyanur usai ziarah di makam Cut Nyak Dhien, Sumedang, Senin (21/11).

Sesuai tupoksi BPPA, dalam napak tilas juga akan diikuti pemutakhiran database masyarakat Aceh di Pulau Jawa, khususnya yang di sekitar objek situs sejarah makam Pocut Meurah Intan, Blora.

"Mewakili Pemerintah Aceh, BPPA akan melakukan santunan dan bakti sosial kepada masyarakat yang mengurus makam Pocut Meurah Intan," pungkas Cut Putri.***

Halaman:

Editor: Achmad Marzoeki

Sumber: rilis

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gol Bunuh Diri

Minggu, 27 November 2022 | 06:03 WIB

Korban Meninggal Gempa Cianjur Terus Bertambah

Selasa, 22 November 2022 | 06:42 WIB
X