Jalani P5 Siswa-siswi SMPN 231 Jakarta Kunjungi Anjungan Pemerintah Aceh TMII

- Sabtu, 20 Mei 2023 | 13:56 WIB
Siswa-siswi SMP Negeri 231 Jakarta mengadakan kunjungan ke Anjungan Pemerintah Aceh TMII. (APA TMII)
Siswa-siswi SMP Negeri 231 Jakarta mengadakan kunjungan ke Anjungan Pemerintah Aceh TMII. (APA TMII)

HALLO JAKARTA - TENGAH menjalani Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang terdapat pada kurikulum merdeka, siswa-siswi kelas 7 A SMP Negeri 231 Jakarta berkunjung ke Anjungan Pemerintah Aceh, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, Jumat (19/5).

Menurut guru pendamping SMP Negeri 231 Jakarta, M Febriansyah Putra, SPd, pilihan ke Anjungan Pemerintah Aceh TMII, karena terdapat pada kurikulum merdeka.

"Kelas kami adalah kelas 7A, maka kami menggunakan Aceh sebagai nama kelas kami menjadi 7 Aceh. Setiap kelas 7 di sekolah kami akan mengunjungi Anjungan Daerah di TMII sesuai dengan nama kelasnya. Sehingga kami memilih Anjungan Pemerintah Aceh, kelas 7 B (7 Betawi) mengunjungi Anjungan DKI Jakarta. Lalu kelas 7C (7 Cirebon) berkunjung ke Anjungan Jawa Barat dan sebagainya," terang guru pendamping, M Febriansyah Putra, SMP Negeri 231 Jakarta, di sela-sela kunjungan.

Baca Juga: Khalwat KH Buya Syakur Yasin, Menikmati Kesendirian Bersama Tuhan

Kunjungan siswa-siswi SMP Negeri 231 Jakarta dipandu Muhamad Iqbal, petugas dari Anjungan Pemerintah Aceh TMII, yang menjelaskan tentang Rumah Aceh dan barang-barang yang dipajang di Rumah Pameran, termasuk bumbu dapur.

"Salah satu bumbu dapur khas Aceh adalah Kelapa Gongseng yang digunakan untuk membuat gulai Aceh. Di sini bedanya dengan gulai lain di Sumatra yang umumnya memakai santan," terang Muhamad Iqbal.

Di Aceh dikatakan Muhamad Iqbal, kelapa gongseng dan rempah kapulaga yang digunakan untuk membuat gulai, menjadikan rasa gulai merupakan perpaduan antara masakan India dengan Aceh.

Baca Juga: Sejak Subuh Pecinta Sepakbola Siap Sambut Pawai Garuda Muda

Memperhatikan anak didiknya selama kunjungan di Anjungan Pemerintah Aceh, M Febriansyah Putra menilainya jadi semakin mengenal beragam informasi tentang Aceh.

"Anak-anak lebih mengenal budaya yang beragam dan berbagai info dari daerah Aceh dan bisa lebih mendalami tentang budaya yang ada di Aceh," tutur M Febriansyah Putra tentang hasil kunjungan anak didiknya ke Anjungan Pemerintah Aceh TMII.

Setelah berkunjung ke Anjungan Pemerintah Aceh, menurut M Febriansyah Putra, siswa-siswi kelas 7A SMP Negeri 231 Jakarta melanjutkan kunjungannya ke Anjungan Bali.***

Editor: Achmad Marzoeki

Sumber: Liputan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X