TPU Tegal Alur Dipadati Warga yang Hendak Ziarah

- Rabu, 4 Mei 2022 | 17:22 WIB
TPU Tegal Alur dipadati warga yang ziarah di hari pertama Idulfitri. (Pemkot Jakarta Barat)
TPU Tegal Alur dipadati warga yang ziarah di hari pertama Idulfitri. (Pemkot Jakarta Barat)

HALLO JAKARTA - SALAH satu kebiasaan umat Islam menyambut Idulfitri adalah dengan ziarah ke makam orang tua atau sanak kerabat yang sudah meninggal dunia. Karena itu, Tempat Pemakaman Umum Tegal Alur (TPU Tegal Alur) yang berlokasi di Kelurahan Tegal Alur, Kecamatan Kalideres, Kota Administrasi Jakarta Barat, di hari pertama Idulfitri 1443 H, Senin (2/5) dipadati warga.

Umumnya warga yang ziarah ke TPU Tegal Alur bersama dengan seluruh anggota keluarganya, baik orang dewasa maupun anak-anak.

Sejumlah kendaraan roda dua dan roda empat terlihat silih berganti memasuki dan meninggalkan area TPU Tegal Alur.

Di sekitar kawasan makam juga dipadati pedagang bunga dan minuman ringan, berharap warga yang hendak ziarah akan membeli barang jualannya. Jalan-jalan di sekitar TPU Tegal Alur akibatnya mengalami kemacetan pada hari pertama Idulfitri 1443 H.

Fahmi (45 tahun), warga dari Kecamatan Cengkareng, mengaku datang bersama keluarga besarnya sebanyak 20 orang. setelah solat Id di dekat dekat rumah, bersama rombongan keluarganya langsung ke TPU Tegal Alur.

"Kita ziarah ke makam kedua orang tua. Tiap tahun setelah solat Id langsung ke sini. Habis ziarah ke orang tua, baru pulang ke rumah,” kata Fahmi, sebagaimana disebutkan dalam laman resmi Pemkot Jakarta Barat.

Warga lainnya, Diki (55 tahun), mengaku datang ke TPU Tegal Alur bersama istri, anak dan cucu untuk ziarah ke makam anaknya.

"Karena Covid-19, tahun lalu kami tidak ke sini. Habis ziarah baru ke rumah, lebaran ke keluarga, saudara dan tetangga,” kata Diki.***

Editor: Achmad Marzoeki

Sumber: Pemkot Jakarta Barat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X