DPW LPPKI DKI Jakarta Ingatkan Tempat Wisata dan Wahana Permainan Utamakan Keselamatan Pengunjung (Konsumen)

- Senin, 9 Mei 2022 | 20:21 WIB
Ketua DPW LPPKI DKI Jakarta, Megy Aidillova, ST. (Dokumentasi pribadi)
Ketua DPW LPPKI DKI Jakarta, Megy Aidillova, ST. (Dokumentasi pribadi)

HALLO JAKARTA - DPW LPPKI DKI Jakarta (Dewan Pimpinan Wilayah Lembaga Perlindungan dan Pemberdayaan Konsumen Indonesia DKI Jakarta) mencermati, pada saat pandemi covid-19 masyarakat mengikuti imbauan pemerintah untuk tidak melaksanakan mudik lebaran. Namun pada tahun 2022, mudik sudah dibolehkan dengan tetap menaati protokol kesehatan (prokes) dan telah melakukan vaksinasi.

Jumlah pemudik menurut pengamatan DPW LPPKI DKI Jakarta demikian banyak sampai memenuhi beberapa bandara, stasiun, dan pelabuhan. Karena rata-rata sudah dua tahun mereka tidak mudik lebaran. Demikian juga, kunjungan ke tempat-tempat wisata dan wahana permainan untuk mengisi liburan lebaran, sangat membludag, karena hampir dua tahun tak dilakukan.

Banyaknya pengunjung dan membludaknya daerah-daerah tempat wisata tersebut membuat jajaran pengurus DPW LPPKI DKI Jakarta (Dewan Pimpinan Wilayah Lembaga Perlindungan dan Pemberdayaan Konsumen Indonesia DKI Jakarta) merasa perlu mengingatkan semua pihak.

Ketua DPW LPPKI DKI Jakarta, Megy Aidillova, ST dalam penjelasannya kepada awak media di kawasan GBK Senayan, Jakarta pada Ahad (08/05) pagi mengimbau kepada pelaku atau pengelola tempat wisata dan wahana permainan agar lebih mengutamakan keselamatan pengunjung (konsumen).

"Kami selaku Lembaga Perlindungan dan Pemberdayaan Konsumen Indonesia (LPPKI) mengimbau kepada pelaku ataupun pengelola tempat wisata dan wahana permainan agar lebih mengutamakan keselamatan pengunjung (konsumen) yang menikmati beberapa fasilitas ataupun wahana permainan yang ditawarkan," ulas Megy Aidillova.

Lebih lanjut Megy Aidillova mengingatkan agar pengelola tempat wisata dan wahana permainan lalai memperhatikan keselamatan pengunjung.

"Kita tidak menginginkan di saat kunjungan membludak, pengelola jadi lengah atau abai dalam memperhatikan keselamatan pengunjung berwisata ataupun menikmati wahana permainan," ujar Megy Aidillova mengingatkan.

Megy juga tak menginginkan terjadinya insiden, karena itu antisipasi dan pelaksanaan pengawasan berkala menurutnya perlu dilakukan.

"Kita juga tak ingin insiden terjadi, tetapi antisipasi dan pelaksanaan pengawasan secara berkala harus dilakukan, seperti salah satu contoh wahana permainan komedi putar, waterboom, dan lain-lain pastikan pengamannya (safety) memenuhi standar, sehingga Zero Accident," tegas Megy yang alumni Bimtek Perlindungan Konsumen LPKSM se-Indonesia Kemendag RI Tahun 2021 ini.

Mengakhiri penjelasannya, Megy Aidillova selaku Ketua DPW LPPKI DKI Jakarta menyampaikan ucapan Selamat Idulfitri 1 Syawal 1443 H.

Halaman:

Editor: Achmad Marzoeki

Sumber: Liputan langsung narasumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X