Pemkot Jakarta Barat Gelar Sosialisasi Baca Jakarta Secara Luring dan Daring

- Selasa, 21 Juni 2022 | 21:33 WIB
Sosialisasi Baca Jakarta digelar secara luring dan daring. (Pemkot Jakarta Barat)
Sosialisasi Baca Jakarta digelar secara luring dan daring. (Pemkot Jakarta Barat)

HALLO JAKARTA - BERTEMPAT di Kantor Wali Kota, Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Barat menggelar sosialisasi Baca Jakarta Triwulan 3 secara luring dan daring Selasa (21/6). Kegiatan tersebut diikuti Suku Dinas Pendidikan wilayah 1 dan 2, Suku Dinas Pemberdayaan Masyarakat Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (Sudin PPAPP) Jakarta Barat, para kepala sekolah, pengelola Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA) dan Taman Bacaan Masyarakat (TBM), serta camat dan lurah.  

Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Kota (Adkesra Seko) Jakarta Barat, Amin Haji mengatakan, Pemkot Jakarta Barat senantiasa mendukung sekaligus berusaha maksimal pada penyelenggaraan Baca Jakarta Triwulan 3 yang dimulai 27 Juni-24 Juli 2022. Pihaknya memberikan apresiasi kepada semua stakeholder untuk capaian Baca Jakarta Triwulan 1 dan 2, yang dinilai mengalami peningkatan.

"Tadi sudah dijelaskan jumlah pendamping lebih dari 7000 orang, kalau bisa pendamping itu bisa menjadi peserta. Harapannya, bisa lebih dan menjadi yang terbaik di wilayah Jakarta," kata Adkesra Seko Jakarta Barat, Amin Haji, dikutip dari laman resmi Pemkot Jakarta Barat.

Meski begitu, lanjut Adkesra Seko Jakarta Barat, Amin Haji, Baca Jakarta selama 4 triwulan tidak hanya sekadar keikutsertaan saja, tapi nantinya menjadi budaya membaca.

"Saya berharap semua lurah dan camat ikut maksimal dalam membudayakan literasi membaca," harap Adkesra Seko Jakarta Barat, Amin Haji.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Sudin Perpusip) Jakarta Barat, Ahmad Jazuri mengatakan, program Baca Jakarta masuk dalam Kegiatan Strategis Daerah (KSD) yakni tantangan membaca selama 30 hari yang mengikutsertakan kolaborasi ruang baca, peserta anak dan relawan. 

Dikatakan Ahmad Jazuri, program Baca Jakarta bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia seiring dengan perkembangan kemajuan zaman sekaligus meningkatkan keterampilan membaca dan kemampuan menulis warga Jakarta Barat. 

Ahmad Jazuri menjelaskan program Baca Jakarta dilaksanakan 4 triwulan selama setahun. Sasarannya anak usia 4-18 tahun, guru pendamping, para pengelola ruang baca seperti RPTRA dan TBM, serta masyarakat yang antusias dengan membaca.

Dalam kesempatan itu, Ahmad Jazuri menyampaikan hasil capaian Baca Jakarta Triwulan 1 dan 2. 

"Baca Triwulan 1 (18 Januari-16 Februari), diikuti 6870 anak dengan pendamping 7024 orang. Total keikutsertaan berjumlah 13.894 orang. Capaian itu menjadikan wilayah Jakarta Barat berada di posisi ketiga dari lima wilayah di DKI Jakarta," tuturnya. 

Halaman:

Editor: Achmad Marzoeki

Sumber: Pemkot Jakarta Barat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X