Dukcapil Siapkan 5 Lokasi Layanan Adminduk Warga Terdampak Perubahan Nama Jalan

- Rabu, 29 Juni 2022 | 08:28 WIB
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta, Budi Awalludin meninjau lokasi perubahan Adminduk (Zul)
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta, Budi Awalludin meninjau lokasi perubahan Adminduk (Zul)

 

HALLO JAKARTA - Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta, Budi Awalludin mengatakan akan melakukan layanan administrasi kependudukan (adminduk) jemput bola serentak di lima wilayah kota administrasi dan Kabupaten Kepulauan Seribu, Rabu (29/6).

“Layanan yang dimulai dari pukul 09.00 sampai 12.00 ini bertujuan untuk memberikan kenyamanan serta kemudahan terhadap masyarakat. Khususnya, masyarakat yang ingin melakukan pemutakhiran data sesuai penamaan baru jalan dengan tokoh-tokoh Betawi,” ungkap Budi, Selasa (28/6).

Budi mengatakan, layanan jemput bola akan disertai dengan sosialisasi secara door to door. Pelayanan juga dilaksanakan berpindah lokasi secara bertahap setiap hari hingga warga memiliki data kependudukan dengan alamat terbaru.

Sesuai dengan Keputusan Gubernur (Kepgub) Nomor 565 Tahun 2022 Tentang Penetapan Nama Jalan, Gedung dan Zona Dengan Nama Tokoh Betawi dan Jakarta, terdapat 22 nama jalan baru dengan nama yang berasal dari tokoh Betawi.

"Berubahnya jalan dengan nama tokoh Betawi tersebut, maka berubah pula kolom alamat di KTP, KIA dan Kartu Keluarga.  Karena memang blangko merupakan bahan dasar dalam pencetakan KTP-el dan KIA," ujar Budi.

Kata Budi, pihaknya telah berkoordinasi dengan Ditjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI untuk ketersediaan blangko KTP-el dan KIA. Berdasarkan data yang ada, wajib KTP yang terdampak perubahan nama jalan tersebut  sebanyak 5.637 orang.

Jajaran Dinas Dukcapil DKI Jakarta diimbau agar memberikan pelayanan prima yang cepat, akurat dan tuntas, terutama pada momentum perubahan nama jalan di enam wilayah DKI Jakarta. Sehingga perubahan data di kolom alamat pada KTP-el, KIA dan KK tersebut segera dapat disesuaikan sesuai dengan penamaan jalan yang baru dengan nama tokoh Betawi.

Budi pun mengimbau masyarakat agar dapat memanfaatkan layanan jemput bola ini dengan baik. Mengingat produk Dukcapil merupakan layanan dasar untuk dapat meneruskan pada layanan lainnya.

"Setelah masyarakat mengganti dokumen kependudukannya, maka secara bertahap bisa melakukan penggantian dokumen lainnya pada instansi sesuai kebutuhan layanannya,” terangnya.

Halaman:

Editor: Zulfikri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jadwal Kajian Sunah Kamis 11 Agustus di Jakarta

Kamis, 11 Agustus 2022 | 08:50 WIB

Ustad Andri Muharam Bulan Mulia, Bukan Bulan Sial

Senin, 8 Agustus 2022 | 21:03 WIB

Jadwal Kajian Sunah Senin 8 Agustus di Jakarta

Senin, 8 Agustus 2022 | 09:03 WIB
X