Untuk Urai Kemacetan, Jembatan Kapin Pondok Kelapa Ditutup

- Kamis, 28 Juli 2022 | 11:02 WIB
Jembatan Kapin ( Foto dok .beritajakarta.id)
Jembatan Kapin ( Foto dok .beritajakarta.id)

HALO JAKARTA. Jembatan Kapin yang terletak Pondok Kelapa, Duren Sawit, Jakarta Timur hari ini ditutup. Namun penutupan ini menimbulkan pro dan kontra. Warga keberatan karena penutupan jembatan ini mengharuskan mereka memutar jauh ke arah Jembatan Curug setelahnya. Sedangkan pihak Pemerintah Kota Jakarta Timur melalui Suku Dinas Perhubungan penutupan akses Jembatan Kapin akan memperlancar arus lalu lintas di Jalan Laksamana Malahayati.


Penutupan Jembatan Kapin menurut Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Ekbang) Kota Jakarta Timur, Kusmanto adalah tindak lanjut keluhan warga yang masuk melalui aplikasi CRM atau langsung ke kantor wali kota. "Untuk kelancaran lalu lintas, Jembatan Kapin yang melintang di atas Kalimalang, mulai Kamis kami tutup," kata Kusmanto, Rabu (27/7). Alasan lainnya di simpang jembatan Kapin tersebut rawan terjadi kecelakaan karena kesalahan pengguna jalan yang selalu melawan arah dan memotong jalan di simpang Jalan Kapin Raya.

Kusmanto menyebut bahwa rencana penutupan Jembatan Kapin ini sudah disosialisasikan ke warga melalui spanduk hingga media sosial. "Ini dilakukan untuk mengantisipasi agar tidak disalahgunakan pihak yang tidak berkepentingan. Seperti untuk berjualan, tempat nongkrong atau lainnya," pungkasnya.

Proses sosialisasi telah dilakukan. Sebelumnya melalui akun Instagram Pemkot Jakarta Timur memberitahukan tentang rencana penutupan jembatan ini. “Penutupan akan dilakukan mulai Kamis (28 Juli 2022). Prosesnya dimulai Rabu malam besok,” ujar Kusmanto melalui unggahan resmi akun Instagram Pemkot Jaktim @kotajakartatimur, Selasa (26/7/2022).


Selain itu ada juga Spanduk penutupan Jembatan Kapin bertuliskan "Pemberitahuan!!! Mulai Hari Kamis Tanggal 28 Juli 2022 Akan Dilakukan Penutupan Jembatan di Simpang Jalan Kapin Raya dan Jalan Laksamana Malayahati. Kepada Para Pengguna Jalan Diharap Mematuhi Rambu Lalu Lintas".

Namun banyak masyarakat daerah sekitar Jemapat Kapin tidak mengetahuinya. Mereka merasa bahwa pemerintah Jakarta Timur belum melakukan sosialisasi. Disamping itu masyarakat juga keberatan jembatan tersebut ditutup, karena dinilai menghabat akses mereka sehingga harus berputar jauh ***    

Editor: Nurul Huda

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Terkini

Jadwal Kajian Sunah Kamis 11 Agustus di Jakarta

Kamis, 11 Agustus 2022 | 08:50 WIB

Ustad Andri Muharam Bulan Mulia, Bukan Bulan Sial

Senin, 8 Agustus 2022 | 21:03 WIB

Jadwal Kajian Sunah Senin 8 Agustus di Jakarta

Senin, 8 Agustus 2022 | 09:03 WIB
X