Mencela Tetangga Sama Dengan Durhaka pada Orang Tua. Lho, Kok Bisa!

- Selasa, 2 Agustus 2022 | 16:27 WIB
Ustad Wahid Rahman pada Kajian Mingguan Masjid As Syuhada, Jalan Lodan, Rawamangun, Jakarta Timur mengatakan bahwa kunci keberhasilan kita itu tergantung pada bakti kita kepada orang tua. (Zul)
Ustad Wahid Rahman pada Kajian Mingguan Masjid As Syuhada, Jalan Lodan, Rawamangun, Jakarta Timur mengatakan bahwa kunci keberhasilan kita itu tergantung pada bakti kita kepada orang tua. (Zul)

 

 

HALLO JAKARTA – Ajaran Islam sangat menekankan umatnya untuk menjaga hubungan yang baik dengan tetangga. Bahkan Nabi Muhammad SAW menyebut tetangga itu merupakan saudara terdekat kita.

Lalu kenapa kalau kita ribut dengan tetangga dan dalam keributan itu keluar kata-kata kita yang mencela tetangga itu dianggap sama saja dengan durhaka kepada orang tua.

Kajian soal perilaku tetangga ini merupakan salah satu bahasan tentang akhlak seorang anak kepada orangtua yang disampaikan oleh Ustad Wahid Rahman pada Kajian Mingguan Masjid As Syuhada, Jalan Lodan, Rawamangun, Jakarta Timur, Senin malam (1/8/2022).

Menukil dari kitab Addabul Mufrod karya Imam Buchari, Ustad Wahid mengatakan bahwa seorang anak harus senantiasa menjaga akhlaknya kepada kedua orangtua termasuk kepada tetangganya. Karena dengan menjaga akhlaknya ini sama saja dengan menjaga kehormatan kedua orangtuanya di mata tetangganya.

“Kalau tetangga ribut dengan kita, maka dia akan mencela kedua orangtua kita. Itu artinya, kita sama saja menghinakan kedua orangtua kita dan penghinaan kepada kedua orang tua merupakan durkaha yang oleh Allah SWT akan dikenakan dengan dosa yang besar,” tegas Ustad Wahid.

Dalam Surat Lukman ayat ke-41, lanjut Ustad Wahid disebutkan tentang keharusan berbakti kepada kedua orangtua:

"Dan Kami perintahkan kepada manusia (agar berbuat baik) kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam usia dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orang tuamu. Hanya kepada Aku kembalimu."

Selain dalam ayat Al Quran, dalil tentang berbakti kepada orang tua juga termuat dalam berbagai hadist.

Halaman:

Editor: Zulfikri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jadwal Kajian Sunah Kamis 11 Agustus di Jakarta

Kamis, 11 Agustus 2022 | 08:50 WIB

Ustad Andri Muharam Bulan Mulia, Bukan Bulan Sial

Senin, 8 Agustus 2022 | 21:03 WIB

Jadwal Kajian Sunah Senin 8 Agustus di Jakarta

Senin, 8 Agustus 2022 | 09:03 WIB
X