Psikolog Farida Aini: Guru TKQ Perlu Memiliki Pemahaman Tentang Siswa Berkebutuhan Khusus

- Senin, 19 September 2022 | 19:18 WIB
Workshop Guru TKQ di Karawang mengenal siswa berkebutuhan khusus  (Ist )
Workshop Guru TKQ di Karawang mengenal siswa berkebutuhan khusus (Ist )

HALLO JAKARTA - Guru PAUD termasuk guru Taman Kanak Kanak Alquran (TKQ) mesti memiliki pemahaman tentang siswa berkebutuhan khusus.

Hal ini mengingat pendidikan adalah hak semua anak termasuk bagi siswa berkebutuhan khusus.

Apalagi saat ini fenomena menunjukkan terjadi peningkatan jumlah anak berkebutuhan khusus.

"Tak jarang para guru dan satuan PAUD merasa kewalahan dan belum semuanya siap untuk menjalankan program pendidikan inklusif. Hal inilah yang menjadi landasan pentingnya meningkatkan pemahaman para guru mengenai peserta didik berkebutuhan khusus," kata Psikolog Farida Aini, M.Psi dalam Workshop Guru TKQ di Karawang, Sabtu,17 September 2022.

Workshop dengan tema "To Be A Great Teacher' ini diharapkan dapat memberi bekal para guru dalam menemukenali siswa yang membutuhkan layanan dan pendidikan khusus sehingga dapat menentukan langkah yang tepat, termasuk membantu orang tua siswa berkebutuhan khusus dengan memberikan informasi yang tepat.

"Dari paparan contoh kasus yang disampaikan para guru menjadi bukti bahwa hari ini satuan PAUD juga harus bersiap diri menjalankan program pendidikan inklusif," tambah Dosen Universitas Pancasila Jakarta ini.

Menurut Founder Farida Aini Consulting ini, meski para guru tidak memiliki wewenang untuk memberikan diagnosa jenis disabilitas yang dialami peserta didiknya, tetapi wawasan mengenai siswa berkebutuhan khusus tetap penting dimiliki.

Lingkungan Belajar Berkualitas
Dalam workshop yang digagas Badan Koordinasi (Badko) Taman Kanak kanak Alquran Kabupaten Karawang, Farida juga menekankan pentingnya menciptakan lingkungan belajar berkualitas (LBB).

"Lingkungan belajar berkualitas merupakan lingkungan yang mampu menciptakan rasa aman dan nyaman bagi peserta didik. Tentu saja tidak hanya berfokus pada sarana dan prasarana namun lebih menekankan aspek layanan yang berkualitas," tambahnya.

Menurut alumni Universitas Indonesia ini, proses pembelajaran merupakan salah satu elemen penting dalam lingkungan belajar berkualitas.

Halaman:

Editor: A Toha Almansur

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kampung Gembira Gembrong Sudah Rampung 100 Persen

Senin, 3 Oktober 2022 | 17:37 WIB
X