Kajian Sunah Jakarta Pusat, Ustadz Abdurahman Dani Mengulas soal Kiat Hidup Sehat

- Selasa, 20 September 2022 | 09:42 WIB
Kajian Konsep  makanan panas dan dingin oleh ustadz Abdurahman Dani  di Masjid At Taufiq,  Jl. Cempak Putih Timur VI, Jakarta Pusat (Zul)
Kajian Konsep makanan panas dan dingin oleh ustadz Abdurahman Dani di Masjid At Taufiq, Jl. Cempak Putih Timur VI, Jakarta Pusat (Zul)

 

 

HALLO JAKARTA – Makanan panas dingin memang memiliki kenikmatan tersendiri. Seringkali kita Ketika mau makanan atau minum yang panas kita meniupkan udara agar segera bisa disantap.

Pertanyaannya bagaimanakah Islam mengatur soal Kiat Hidup Sehat konsep makanan panas dan dingin ini akan dikaji tuntas oleh ustadz Abdurahman Dani  di Masjid At Taufiq,  Jl. Cempaka Putih Timur VI pukul 10.00 WIB  pagi hingga selesai.

Soal  makanan nikmat dan sehat dalam Islam itu sudah diberi tuntunan oleh Nabi Muhammad SAW.  Dari Ibnu Abbas radhiyallahu‘anhu, beliau berkata: “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang bernapas di dalam gelas atau meniup isi gelas.” (HR. Ahmad 1907, Turmudzi 1888, dan dishahihkan Syuaib Al-Arnauth.)

Selain merupakan adab, meniup makanan atau minuman memang tidak dianjurkan demi kesehatan tubuh. Hal ini sebagaimana dijelaskan oleh dr. Raehanul Bahraen dalam muslim.or.id. Menurut dokter yang juga merupakan dosen di Universitas Mataram ini, meniup minuman akan mengotori air yang diminum. Ia kemudian menukil sebuah hadits.

An-Nawawi berkata, “Larangan bernapas di dalam gelas ketika minum termasuk adab, karena dikhawatirkan akan mengotori air minum atau ada sesuatu yang jatuh dari mulut atau dari hidung atau semacamnya.” (Syarh Shahih Muslim, 3/160, Dar Ihya At-Turast, cet ke-2, 1392 H, syamilah)

“Secara kesehatan, kebiasaan meniup-niup minuman juga tidak baik untuk kesehatan. Mulut bisa jadi mengandung bakteri penyebab penyakit yang kemudian berpindah ke minuman dan masuk ke dalam tubuh. Solusi terbaik untuk hal ini adalah menunggu sampai minuman agak dingin atau mengipasnya dengan sesuatu,” kata dokter lulusan Kedokteran UGM tersebut.

Karena itu, jika anda  ada keluangkan waktu silahkan mendatangi  kajian ilmiah tentang konsep panas dan dingin makanan dalam Islam dan kajian lain yang redaksi terima hari ini untuk wilayah Jakarta Pusat:  

 

Halaman:

Editor: Zulfikri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kampung Gembira Gembrong Sudah Rampung 100 Persen

Senin, 3 Oktober 2022 | 17:37 WIB
X