Kampung Gembira Gembrong Sudah Rampung 100 Persen

- Senin, 3 Oktober 2022 | 17:37 WIB
Kampung gembira gembrong
Kampung gembira gembrong

HALO JAKARTA. Menurut rencana Kampung Gembira Gembrong siap diresmikan. Kampung yang berlokasi di Jalan Basuki Rahmat RW 01, Cipinang Besar Utara (CBU), Jatinegara, Jakarta Timur dinyatakan telah selesai 100 persen. Kampung ini merupanan revitalisasi kawasan hingga hunian menjadi aman dan nyaman.


"Revitalisasi hunian warga terdampak kebakaran di kawasan Pasar Gembrong sudah 100 persen rampung. Insya Allah jika tidak ada halangan, pada Rabu pagi akan diresmikan langsung Pak Gubernur," kata Muhammad Anwar, Wali Kota Jakarta Timur, Senin (3/10). Rencananya, kampung tersebut akan diresmikan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan pada Rabu (5/10) nanti.


Anwar menambahkan hingga kini di lokasi sudah tidak ada lagi aktivitas pekerjaan, semua sudah selesai termasuk jaringan listrik, air bersih, saluran air, aspal jalan, jaringan JakWIFI taman, PAUD dan sebagainya. "Warga terdampak kebakaran nantinya bisa hidup lebih aman dan nyaman. Karena dahulu rumahnya tidak layak, tapi nanti menjadi sangat layak," terangnya.

Untuk itu masyarakat yang menempati hunian ini merubah perilaku ke arah lebih baik. Terlebih, sebelumnya warga telah mendapat pembinaan saat masih tinggil di tempat penampungan di Rusun Cipinang Besar Utara. "Warga harus disiplin dan bisa menjaga lingkungannya dengan tidak membuang sampah sembarangan," tandasnya.

Total terdapat 138 rumah warga korban kebakaran Pasar Gembrong yang direvitalisasi menggunakan dana Baznas-Bazis DKI Jakarta dengan anggaran Rp7,8 miliar. Kampung Gembira Gembrong dibuat dengan desain yang asri asri, bersih dan sehat dan sesuai edukasi yang diberikan pihak terkait. Pemerintah Kota Jakarta Timur (Jaktim) memulai pengerjaan revitalisasi permukiman korban kebakaran Pasar Gembrong pada awal Juli 2022.

Pembangunan kembali permukiman itu mengusung konsep pengembangan daerah tepian air (water front city. Tak hanya permukiman warga, nantinya akan dibangun ruang terbuka ramah anak hingga fasilitas untuk lansia. ***

 

Editor: Nurul Huda

Sumber: Beritajakarta.id

Tags

Terkini

UMP DKI 2023 Naik 5,6 Persen

Selasa, 29 November 2022 | 11:32 WIB

Sakit Pinggang, Penyebab dan Solusinya

Selasa, 29 November 2022 | 10:44 WIB

Aturan Baru Ketentuan Masa Usia PJLP Perlu Dievaluasi

Senin, 28 November 2022 | 10:29 WIB
X