PKB Jakarta Selenggarakan Maqoshiq Dewan Syura se-DKI Jakarta

- Selasa, 22 November 2022 | 17:07 WIB
 (Acara Maqashid dewan Syuro PKB DKI Jakarta)
(Acara Maqashid dewan Syuro PKB DKI Jakarta)

HALO JAKARTA. DPW PKB DKI Jakarta menyelenggarakan Maqoshiq Dewan Syura se-DKI. Acara yang berlangsung di DPW PKB Jakarta ini dihadiri oleh Fungsionaris DPW PKB DKI Jakarta dan seratusan lebih perwakilan ulama, yang tergabung sebagai pengurus Dewan Syura PKB se-DKI Jakarta.

Beberapa di antaranya Dr. KH. Ma'mun Sholeh, KH. Hasbiallah Ilyas, KH. Kholid Saerozi, KH. Abdul Hafidz Sahal, dan para kyai, ustadz se-DKI Jakarta dan juga Anggota DPRD dari Fraksi PKB DKI Jakarta.

Salah satu ulama yang juga menjadi nara sumber di acara bertajuk "Ulama Ujung Tombak Masa Depan Jakarta" tersebut, Dr. KH. Marsudi Syuhud, menyebut Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) adalah kepanjangan tangan atau saluran politik warga nahdliyin untuk melanjutkan perjuangan para ulama dalam mengatur kehidupan sosial dan bisa mengontrol kebijakan negara.

“Karena itu, PKB dan jajaran pengurusnya jangan jauh-jauh dari para ulama. Harus mendekat, menjalin silaturrahmi dengan para ulama,”ujar Dr. KH. Marsudi Syuhud, salah seorang tokoh ulama yang terlibat dalam proses pendirian PKB di DKI Jakarta dalam acara Maqoshiq Dewan Syura se-DKI Jakarta yang digelar di kantor DPW PKB Jakarta, Sabtu (19/11/2022).

Lebih lanjut, Kyai Marsudi Syuhud mengemukakan bahwa PKB memiliki landasan syar’iah yang berasal dari para ulama terdahulu. PKB memiliki landasan idiologi ahlussunnah waljamaah yang sama dengan NU. 

“Dalam artian bahwa sebagai kepanjangan tangan dari para ulama, maka PKB memiliki tugas bagaimana bisa ikut menyatukan kebutuhan materi dengan kebutuhan ruhani. Bagaimana ikut mengarahkan pembangunan materi, kehidupan social masyarakat, tanpa melupakan pembangunan aspek ruhaninya,”ujarnya.

“PKB harus bisa menjadi kekuatan mayoritas, sehingga bisa ikut mengelola dan mengontrol kebijakan negara,”ujar KH. Marsudi Syuhud, yang juga merupakan Wakil Ketua MUI Pusat, seraya menekankan agar para kader PKB kompak, solid, dan bekerja keras.

Pada kesempatan tersebut Marsudi menjelaskan landasan politik PKB dalam bernegara. Menurutnya, konsep bernegara yang jadi pegangan PKB sebagai partai berbasis masa Islam dan dirikan oleh ulama sudah sangat ideal sesuai dengan syariah, karena pendirian PKB memiliki tujuan (maqosid) menyelaraskan kehidupan agama dengan kehidupan dunia secara seimbang.

“Li'anna maqosidhaha majmu'atun minaddin waddun ya - wala ridhotiddin Illa binidhomiddun ya, fa innaddun ya mazrostul akhirah - dalam arti kata bagaimana menjaga kemaslahatan kehidupan sosial dan kemashalatan kehidupan ruhaniyah (keagamaan) secara seimbang. Karena aspek kehidupan agama tidak bisa baik, tanpa menata kehidupan duniawiyah. Landasan syariah Ini sangat cocok dengan generasi muda – milenial Jakarta yang terkenal sangat kritis dalam soal ini, “ujar Kyai Marsudi Syuhud.

Halaman:

Editor: Nurul Huda

Sumber: press release

Tags

Terkini

UMP DKI 2023 Naik 5,6 Persen

Selasa, 29 November 2022 | 11:32 WIB

Sakit Pinggang, Penyebab dan Solusinya

Selasa, 29 November 2022 | 10:44 WIB

Aturan Baru Ketentuan Masa Usia PJLP Perlu Dievaluasi

Senin, 28 November 2022 | 10:29 WIB
X