Sudin KPKP Kepulauan Seribu Kerja Sama Dengan PHE ONWJ Berdayakan Petani Rumput Laut

- Rabu, 23 November 2022 | 21:43 WIB
Sudin KKP Kepulauan Seribu mendistribusikan bantuan tali rumput laut yang berasal dari Community Development (Comdev) PHE ONWJ. (Pemkab Kepulauan Seribu)
Sudin KKP Kepulauan Seribu mendistribusikan bantuan tali rumput laut yang berasal dari Community Development (Comdev) PHE ONWJ. (Pemkab Kepulauan Seribu)

HALLO JAKARTA - SUKU Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Kepulauan Seribu menjalin kerja sama dengan Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ) untuk memberdayakan petani rumput laut.

Pemberdayaan petani rumput laut dilakukan Sudin KKP Kepulauan Seribu dengan mendistribusikan bantuan tali rumput laut yang berasal dari Community Development (Comdev) PHE ONWJ. Kegiatan dilakukan di Aula Kantor Sudin KPKP, Pulau Pramuka pada Rabu (23/11).

Dikutip dari situs resmi Pemkab Kepulauan Seribu, Kepala Sudin KPKP Kepulauan Seribu, Devi Lidya mengatakan, pemberian bantuan tali rumput laut diberikan kepada kelompok pembudidaya rumput laut Kelurahan Pulau Panggang.

"Totalnya ada 5 paket, masing-masing dibagi per kelompok dari kelompok kecil dibagi per orang, satu kelompok ada 10 orang," ujar Kepala Sudin KPKP Kepulauan Seribu, Devi Lidya.

Kepala Sudin KPKP Kepulauan Seribu, Devi Lidya mengatakan, dengan bantuan tali rumput laut ini diharapkan ke depan para petani sudah bisa bekerja, terlebih lagi saat ini sedang menyiapkan bantuan benih.

"Ini adalah pemberdayaan khusus petani rumput laut di Kelurahan Pulau Panggang. Tugas kami adalah terus melakukan pendampingan pembinaan, sampai rumput laut ini menjadi emas hijau," tutur Devi Lidya.

Sementara itu, Comdev PHE ONWJ, Iman Teguh menyampaikan, selain memberikan bantuan tali rumput laut, pihaknya juga akan memberikan bibit rumput laut, yaitu bibit cottoni dan bibit spinosum.

"Totalnya sebanyak 12 ton, 2 ton bibit cottoni dan 10 ton bibit spinosum. Jadi kami nantinya yang akan melakukan pembelian dan mereka terima di lokasi," kata Iman Teguh lebih lanjut.

Iman Teguh menambahkan, dalam proses pembelian bibit pihaknya akan melibatkan Sudin KPKP Kepulauan Seribu dan perwakilan kelompok budidaya, sehingga bibit yang dibeli tidak salah.

Halaman:

Editor: Achmad Marzoeki

Sumber: Pemkab Kepulauan Seribu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

UMP DKI 2023 Naik 5,6 Persen

Selasa, 29 November 2022 | 11:32 WIB

Sakit Pinggang, Penyebab dan Solusinya

Selasa, 29 November 2022 | 10:44 WIB

Aturan Baru Ketentuan Masa Usia PJLP Perlu Dievaluasi

Senin, 28 November 2022 | 10:29 WIB
X