SD Tunas Unggul Bandung Kunjungi Anjungan Pemerintah Aceh TMII

- Kamis, 24 November 2022 | 21:23 WIB
Sebelas siswa-siswi kelas 4 SD Tunas Unggul, Bandung berkunjung ke Anjungan Pemerintah Aceh TMII. (Ist)
Sebelas siswa-siswi kelas 4 SD Tunas Unggul, Bandung berkunjung ke Anjungan Pemerintah Aceh TMII. (Ist)

HALLO JAKARTA - SEBELAS siswa-siswi kelas 4 SD Tunas Unggul, Bandung, Jawa Barat, berkunjung ke Taman Mini "Indonesia Indah", Jakarta, Kamis (24/11). Salah satu anjungan daerah yang dikunjungi adalah Anjungan Pemerintah Aceh.

Menurut Dwiyanti, guru pendamping kelas 4 SD Tunas Unggul, Bandung, kunjungan ke Anjungan Pemerintah Aceh TMII untuk melakukan eksplorasi budaya Indonesia, dalam hal ini Budaya Aceh.

"Jadi kami mengajak anak-anak untuk lebih tahu lagi berbagai kebudayaan Aceh, pakaian adat dan berbagai hal yang menjadi kekhususan atau kekhasan dari daerah Aceh," jelas Dwiyanti, guru pendamping kelas 4 SD Tunas Unggul, Bandung.

Petugas Anjungan Pemerintah Aceh, Marzuki, yang menerima kunjungan siswa-siswi kelas 4 SD Tunas Unggul, Bandung, menjelaskan beberapa informasi tentang Aceh.

"Di Aceh ada 13 suku bangsa, yang terbesar suku Aceh, kemudian ada suku Gayo, Tamiang, Alas dan lain-lain," terangnya.

Meski ada 13 suku, di Anjungan Pemerintah Aceh ada 23 pasang pakaian pengantin yang berasal dari 23 kabupaten/kota.

Menanggapi penjelasan tersebut, Dwiyanti, gembira karena anak didiknya antusias mendengarkan dan tidak segan untuk bertanya.

"Alhamdulillah tadi anak-anak sudah banyak bertanya tentang berbagai informasi. Sampai anak-anak juga antusias sekali untuk melihat berbagai alat rumah tangga, pelaminan dan berbagai pakaian pengantin," sebut Dwiyanti.

Selain melihat-lihat pakaian adat dan beragam peralatan untuk beraktivitas, sebelas siswa-siswi kelas 4 SD Tunas Unggul, Bandung, juga tertarik saat melihat maket Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh.

"Ini masjid yang waktu tsunami selamat ya, Pak?" tanya seorang siswa yang dibenarkan oleh Marzuki.

Halaman:

Editor: A Toha Almansur

Tags

Artikel Terkait

Terkini

UMP DKI 2023 Naik 5,6 Persen

Selasa, 29 November 2022 | 11:32 WIB

Sakit Pinggang, Penyebab dan Solusinya

Selasa, 29 November 2022 | 10:44 WIB
X